Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Perpanjang Liburan, Rombongan Raja Salman Ingin Lihat Tabanan?

Perpanjang Liburan, Rombongan Raja Salman Ingin Lihat Tabanan? Tabanan, Bali (Foto: Elitehavens.com)

Dream - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya terus memetakan destinasi yang cocok dan layak ditengok Raja Salman bin Abdul Aziz bin Saud hingga 12 Maret 2017 nanti. Mumpung, Raja Arab ini membawa 25 Pangeran dan 10 Menterinya bersama 1.500 rombongan. "Kata kuncinya, alam yang hijau, sejuk, air, belanja dan kuliner," kata Menpar Arief Yahya dikutip dari keterangan pers tertulis, Jumat 10 Maret 2017.

Bali sebagai salah satu tujuan wisata dunia memang tidak pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Di tengah kunjungan Raja Salman dan seluruh delegasi Kerajaan Saudi, Kementerian Pariwisata tengah memetakan 99 destinasi yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya, Desa Belimbing, Tabanan, Bali. Tentu dibantu Pemprov Bali yang menjadi tuan rumah kunjungan raja itu.

"UNWTO (Badan Pariwisata Dunia, red) ikut mendeklarasikan Desa Belimbing menjadi desa wisata pada 2010. Desa ini memiliki pesona pemandangan indah dengan balutan hawa yang sejuk, sangat cocok untuk wisatawan Timur Tengah atau delegasi Raja Salman yang sedang berlibur di Bali," ucap Gubernur Bali, Made Mangku Pastika yang didampingi Kadispar Bali, AA Gde Gede Yuniartha Putra.

Hamparan sawah dengan bentuk berundak dengan teras-teras kecil (terasering, red) terhampar luas di kawasan Desa Belimbing, Pupuan, Tabanan. Setidaknya ada delapan titik di desa ini yang sangat oke untuk dijadikan latar belakang swafoto. "Panoramanya memang keren. Banyak yang bilang ini lebih indah dari Ubud," kata Pastika.

Banyak juga yang menyebut kawasan ini layaknya miniatur kawasan Jatiluwih yang terkenal dengan teraseringnya. Tempat ini bukan hanya menawarkan pemandangan sawah, tapi juga menawarkan kolaborasi sawah dan kebun. Suguhan lainnya adalah sensasi menyusuri sungai dan air terjun. Dan semuanya itu, dibalut dengan panorama Gunung Batukaru.

 

 

Belum Banyak Terjamah Wisatawan

Yang hobi tracking, ada jalur khusus untuk pejalan kaki. Selama perjalanan, kamu akan ditemani suara gemericik air di area sawah tersebut. Bagi mereka yang sudah bosan dengan suasana pantai atau wisata mainstream yang disuguhkan di Bali Selatan, pesona alam desa ini bisa menjadi pilihan.

"Di sana juga punya potensi yang tidak kalah dari Kuta dan Ubud. Suasananya sepi, tapi itu justru menjadi nilai tambah Desa Belimbing," timpal AA Gede Yuniartha, Kadispar Bali.

Ya, tempat ini masih bisa dikatakan sepi dari jamahan industri pariwisata. Namun bukan berarti tempat ini mati. Suasana sepi itulah yang kemudian dicari para wisatawan. Dan hal itu, ikut diamini Menpar Arief Yahya.

"Tabanan itu memiliki panorama alam nan indah hijau ada di kaki sebuah gunung berapi aktif Batukaru. Sangat pas dengan karakter wisatawan Arab Saudi yang menyukai destinasi bernuansa hijau, pohon-pohon, air tawar dan suasana sejuk. Kami akan terus merekomendasikan tempat-tempat yang layak dan cocok dikunjungi oleh keluarga kerajaan, karena mengeksplorasi Bali and beyond itu memang tidak cukup hanya 5-8 hari," ungkap Arief Yahya.

Menpar Arief menyadari, Arab adalah negara yang nuansanya cokelat, panas, padang pasir dan keras. Maka impiannya adalah hijau, sejuk, berair. "Sama dengan orang Indonesia kalau melihat salju di Eropa atau Amerika? Hebohnya nggak berhenti-berhenti, storage memory card di kamera HP nya sampai overlimit!" kata Menpar.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Wajah Luna Maya Bikin Salfok Saat Liburan di Pantai: 'Sunbloknya Setebal Harapan Orangtua'

Wajah Luna Maya Bikin Salfok Saat Liburan di Pantai: 'Sunbloknya Setebal Harapan Orangtua'

Luna Maya menghabiskan libur akhir tahun 2024 di Bali bersama keluarga dan kekasihnya.

Baca Selengkapnya
10 Potret Rumah Pak Tarno yang Luasnya Capai 2 Hektar, Ada Tempat Wisata, Ternyata Sultan!

10 Potret Rumah Pak Tarno yang Luasnya Capai 2 Hektar, Ada Tempat Wisata, Ternyata Sultan!

Penampakan rumah Pak Tarno seluas 2 hektar. Sampai dijuluki Sultan Bekasi

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.