Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pesona Indonesia Bakal Makin Berkibar di Kolombia

Pesona Indonesia Bakal Makin Berkibar di Kolombia Pesona Alam Papua Barat (Foto: Inspiratorfreak.com)

Dream - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menerima kunjungan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI untuk Kolombia Priyo Iswanto, Selasa 18 April 2017 lalu. Diplomat senior yang juga dipercaya merangkap sebagai Dubes RI untuk Antigua dan Barbuda itu mengunjungi Arief di Kantor Kemenpar, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat guna beraudiensi.

Priyo dalam kesempatan itu menceritakan hubungan Indonesia-Kolombia yang terjalin baik. Apalagi Indonesia berperan dalam menyumbangkan ide tentang rekonsiliasi antara Pemerintah Kolombia dengan kelompok The Revolutionary Armed Forces of Colombia (FARC).

"Indonesia adalah salah satu negara yang mendapat status bebas visa kunjungan dari pemerintah Kolombia," ujar Priyo dikutip dari keterangan pers tertulis, Kamis 20 April 2017.

Diplomat asal Kudus, Jawa Tengah itu juga menyinggung soal pariwisata. Menurutnya, angka terakhir jumlah wisatawan mancanegara (wisman) asal Kolombia ke Indonesia mencapai 3.800 orang. Dari angka itu, kata Priyo, ada potensi yang bisa digarap.

"Angka tersebut masih kecil, sekitar 0,1 persen dari total outbond Kolombia, namun angka tersebut menurut saya potensial berkembang karena di sana ada kebiasaan bagus, yaitu warga Kolombia setahun sekali harus berlibur," tuturnya.

Priyo juga mengungkapkan komitmennya untuk terlibat dalam Indonesia Incorporated dalam mengembangkan pariwisata Indonesia. Mantan kuasa usaha ad interim Indonesia di Roma itu juga sudah punya jurus.

Ide Priyo antara lain mengirimkan wartawan Kolombia ke Indonesia untuk mempublikasikan potensi wisata dan mengembangkan kerja sama dengan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA). "Dan mengusulkan agar Kolombia masuk dalam daftar negara bebas visa kunjungan ke Indonesia," cetusnya.

Hanya saja, jarak tempuh Kolombia ke Indonesia memang relatif lama. Hitungannya mencapai 26 jam on board dengan waktu transit antara 4-6 jam. Menpar Arief Yahya pun antusias menyambut gagasan Priyo. Mantan dirut PT Telkom itu mendukung penuh ide Priyo untuk mengirim wartawan Kolombia ke Indonesia dan menggandeng ASITA.

Terkait usulan Priyo soal bebas visa kunjungan bagi turis Kolombia, Menpar Arief pun mengaku mendukungnya. Namun, katanya, hal itu akan dibahas lebih mendalam di tingkat pemerintah.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jokowi Soal Bertemu Paloh: Tak Perlu Siapa Inisiatif, yang Penting Buat Negara

Jokowi Soal Bertemu Paloh: Tak Perlu Siapa Inisiatif, yang Penting Buat Negara

Menurut Jokowi, tidak penting siapa yang mengundang dan memiliki inisiatif untuk bertemu.

Baca Selengkapnya
5 Alasan Ini Bikin Turis Indonesia Nyaman Jalan-jalan di Korea Selatan

5 Alasan Ini Bikin Turis Indonesia Nyaman Jalan-jalan di Korea Selatan

Tanpa sadar, orang Indonesia dan Korea memiliki beberapa kesamaan selera atau kebiasaan. Hal ini bisa membuat turis Indonesia nyaman berjalan-jalan ke Korsel.

Baca Selengkapnya
Jokowi Tegaskan Tak Akan Ikut Kampanye Pemilu 2024

Jokowi Tegaskan Tak Akan Ikut Kampanye Pemilu 2024

Jokowi kembali menegaskan presiden memang diperbolehkan kampanye dan diatur dalam undang-undang.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah milik Ustad Abudl Somad atau UAS berada di perkampungan dengan jalan yang cuma muat dilintasi satu mobil.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak Logo Brand Makanan

BUNGKUS! Tebak Logo Brand Makanan

Sahabat Dream, kalian ada yang tahu gak logo-logo dari brand makanan tersebut? Berapa yang berhasil kalian tebak?

Baca Selengkapnya