Potensi Tersembunyi Jalur Rempah Bagi Sektor Pariwisata Indonesia

Jalur rempah memiliki tiga potensi yang bisa dikembangkan.

Ahmad Baiquni
| 26 September 2021 13:10

Dream - Pemerintah tengah memperjuangkan Jalur Rempah mendapatkan pengakuan dunia melalui UNESCO. Ini mengingat Jalur Rempah memiliki peran vital bagi peradaban dunia di masa lalu dan melibatkan tidak hanya Indonesia namun juga banyak negara lain.

Peneliti Yayasan Negeri Rempah, Bram Kushardjanto, mengatakan Jalur Rempah membuat Indonesia memiliki peran penting dalam perekonomian dunia. Selama berabad-abad, kawasan Indonesia yang menjadi penyedia komoditas berharga dunia yaitu rempah.

" Indonesia memiliki posisi strategis karena menghubungkan Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah sampai Eropa. Asia Tenggara mempunyai sumber komoditas yang paling dicari dan paling berharga, yaitu rempah-rempah," ujar Bram.

Pengamat Pariwisata Universitas Indonesia, Jajang Gunawijaya, menjelaskan Jalur Rumpah berpotensi besar menguatkan sektor pariwisata Indonesia. Setidaknya, ada tiga potensi yang bisa digali dari Jalur Rempah.

" Yang pertama wisata sejarah atau susur, wisata kuliner dan wisata wellness atau kebugaran, ini kalau dimaksimalkan potensinya sangat besar untuk bidang pariwisata," kata dia,

Jajang mengatakan wisata sejarah dapat dijalankan dengan menyusuri sejumlah daerah penghasil rempah di seluruh Indonesia. Wisata ini dapat dijalankan apabila Jalur Rempah diakui UNESCO sebagai warisan dunia.

 

Selanjutnya :

Wisata Kuliner dan Kebugaran

Topik Terkait :

Warganet Ramai mendoakan Ariel Noah dan Dina Lorenza Berjodoh

Jangan Lewatkan