Potret Realita si Miskin dan si Kaya di Meksiko

Saat melihat foto ini, miris sekali.

Dwifantya
| 25 April 2018 16:50

Dream - Sebuah kampanye iklan yang menggambarkan perbedaan mencolok antara orang miskin dan orang kaya yang ada di Mexico City, menjadi sorotan dunia. Iklan yang dibuat oleh bank Meksiko Banamex itu berjudul 'Erase the Difference' (Hapus Perbedaan), seperti dikutip dari Amusing Planet, Rabu 25 April 2018.

Iklan ini merupakan upaya untuk menarik perhatian pada program pengembangan masyarakat di daerah-daerah berpenghasilan rendah. Pihak bank menyewa fotografer Oscar Ruíz dan memintanya untuk memotret perbedaan mencolok antara orang miskin dan orang kaya yang ada di Mexico City.

Fotografer itu, yang juga seorang pilot helikopter, melakukan dua perjalanan melintasi kota, dan gambar-gambar yang ia ambil tidak diragukan.

Kampanye ini menampilkan empat gambar yang memperlihatkan apartemen dan vila mewah yang terletak tepat di sebelah rumah sederhana yang hampir bobrok milik warga miskin. Di satu sisi berdiri rumah-rumah hunian putih dengan atap berubin, dan rumput hijau yang terawat, sedangkan di sisi lain, terdapat sekelompok bangunan yang menyedihkan, berwarna abu-abu dan usang.

Terkadang, hanya dinding tipis yang tinggi yang memisahkan keduanya. Foto-foto itu terlihat seperti diedit menggunakan aplikasi Photoshop, seolah-olah dua gambar terpisah saling menempel untuk menciptakan drama, tetapi tidak. Itu memang realita.

Dalam tagline pun disebutkan: " Gambar ini belum dimodifikasi. Sudah waktunya untuk mengubahnya.”

 Meksiko

 Meksiko

 Meksiko

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Dari Istana ke Donat - Berani Berubah

Jangan Lewatkan