Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Presiden Jokowi Gagas Pembangunan Desa Wisata Nusantara

Presiden Jokowi Gagas Pembangunan Desa Wisata Nusantara Presiden Jokowi Saat Menghadiri Puncak Peringatan Sail Karimata 2016 (Foto: Biro Pers Setpres)

Dream - Ada gagasan original yang keluar dari Presiden Joko Widodo di sela-sela acara puncak Sail Selat Karimata 2016, Sabtu, 15 Oktober 2016 yang digelar di Pelataran Pantai Pulau Datok, Desa Sutera, Kec Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Yakni, ide mengenai pembangunan desa wisata di Indonesia.

Tak sampai 24 jam, Menteri Pariwisata Arief Yahya pun langsung menindaklanjuti gagasan yang dicetuskan oleh Presiden Jokowi tersebut.

"Saya sudah kontak Pak Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Senin, 17 Oktober 2016, saya mengirim Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Kemenpar, Dadang Rizky untuk menindaklanjuti teknis dengan Dirjen PPMD Kemendes PDDT Prof Dr Erani yang ditunjuk sebagai PIC. Kita akan segera menentukan quick win, destinasi mana saja yang paling siap untuk diformat menjadi Desa Wisata," jelas Menpar Arief Yahya dikutip dari keterangan pers tertulis.

Arief menambahkan, prioritas Kemenpar dalam membangun destinasi selalu melihat pada indikator 3A. Yakni, bagaimana potensi atraksi, kesiapan akses, dan kekuatan amenitasnya.

Atas dasar itu, maka pilihan lokasi pertama adalah kawasan yang berada di 3 Greaters atau destinasi utama, yaitu Bali-Jakarta-Kepri. Keunggulan di tiga greaters itu, sudah mewakili 90 persen wisman masuk ke tanah air. Bali 40 persen, Jakarta 30 persen dan Kepri 20 persen.

"Di mana saja desa-desa yang bisa dibangun menjadi Desa Wisata di ketiga kawasan itu." ucap Arief Yahya.

Prioritas berikutnya, kata Arief, adalah desa-desa yang berada di 10 Bali Baru, atau 10 Top Destinasi. Dari Danau Toba Sumut, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu Jakarta, Borobudur Jateng, Bromo Tengger Semeru (BTS) Jatim, Mandalika Lombok NTB, Labuan Bajo Komodo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara. "Di mana saja, desa yang bisa cepat di-setting menjadi Desa Wisata," ungkap Menpar yang asli Banyuwangi itu.

Selain dua prioritas di atas, pilihan juga jatuh pada 10 Top Destinasi Teraktif, seperti Sumatera Barat, NTB, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Banyuwangi, Sulawesi Utara dan lainnya.

"Selain menggunakan kriteria 3A, juga lihat track record CEO Commitment-nya. Bagaimana pimpinan daerahnya-–dari Gubernur, Bupati dan Walikota--pilih yang serius dan konkret dalam membangun daerah dengan pendekatan pariwisata. Untuk Atraksi, utamakan yang sudah KSPN, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Ini penting agar berada dalam framework yang benar dan cepat," terang Menpar.

Program "Desa Wisata" yang dicetuskan presiden, kata Arief Yahya, juga sejalan dengan rencana pembangunan 100.000 homestay yang bakal dimulai 2017 nanti.

"Kelak, ketika Desa Wisata itu sudah siap jual, akan langsung dipromosikan, lalu selling platform-nya juga dimasukkan dalam DMP atau Digital Market Place. Maka Desa Wisata itu bisa berfungsi ganda. Bisa sebagai amenitas dengan homestay, akomodasi di rumah penduduk yang sudah sadar wisata. Juga bisa sebagai atraksi, karena berada dalam atmosfer kehidupan masyarakat desa yang homey, kaya dengan sentuhan budaya, dan nuansa kekeluargaan yang belum tentu bisa ditemukan di negara lain," tandasnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Deretan Program Jokowi yang Diprediksi Dilanjutkan Probowo-Gibran

Deretan Program Jokowi yang Diprediksi Dilanjutkan Probowo-Gibran

Program seperti hilirisasi hingga misi lumbung pangan, dinilai menjadi salah satunya.

Baca Selengkapnya
Jokowi Tegaskan Tak Akan Ikut Kampanye Pemilu 2024

Jokowi Tegaskan Tak Akan Ikut Kampanye Pemilu 2024

Jokowi kembali menegaskan presiden memang diperbolehkan kampanye dan diatur dalam undang-undang.

Baca Selengkapnya
Cak Imin Janji Bantu Desa dengan Rp5 Miliar Jika Terpilih Sebagai Presiden

Cak Imin Janji Bantu Desa dengan Rp5 Miliar Jika Terpilih Sebagai Presiden

Lebih lanjut ia mengklaim akan menyiapkan bantuan-bantuan yang dapat menunjang agar Indonesia bisa tumbuh semakin maju.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jokowi Bolehkan Masyarakat Gadaikan Sertifikat Tanah, Tapi Ada Syaratnya

Jokowi Bolehkan Masyarakat Gadaikan Sertifikat Tanah, Tapi Ada Syaratnya

Jokowi membolehkan masyarakat gadai sertifikat untuk kegiatan produktif

Baca Selengkapnya
Mengintip Hotel di Wonogiri Tempat Jokowi Menginap, Tarifnya Tak Sampai Rp500.000

Mengintip Hotel di Wonogiri Tempat Jokowi Menginap, Tarifnya Tak Sampai Rp500.000

Bukan hotel mewah, hotel yang digunakan untuk menginap Jokowi berbintang 2

Baca Selengkapnya
Jokowi Buka Suara Soal Pembahasan Program Makan Siang Gratis Prabowo di Sidang Kabinet

Jokowi Buka Suara Soal Pembahasan Program Makan Siang Gratis Prabowo di Sidang Kabinet

Jokowi mengatakan dalam rapat kabinet dia cuma menegaskan agar program presiden terpilih dimasukkan dalam rencana anggaran 2025.

Baca Selengkapnya