Rapid Test Jadi Syarat Sebelum Terbang, Berapa Tarifnya?

Biaya rapid test di Bandara cukup miring.

Ahmad Baiquni
| 18 Desember 2020 19:24

Dream - Pemerintah membolehkan masyarakat untuk bepergian menggunakan pesawat terbang di masa pandemi. Syaratnya, harus melampirkan hasil uji baik dengan metode swab test PCR maupun rapid test.

Kita bisa melakukan tes tersebut di mana saja. Tentu, ada tarif yang ditetapkan untuk sekali tes.

Guna memudahkan masyarakat, Angkasa Pura II menyediakan layanan rapid test di sejumlah bandara. Sehingga masyarakat tak perlu repot untuk tes, cukup melakukannya sebelum terbang.

Kadang yang membuat kita khawatir adalah soal biaya. Kita mungkin mengira tarif rapid test di bandara akan mahal.

Kekhawatiran itu telah terjawab. Lima bandara yang menyediakan layanan rapid test ternyata mematok tarif yang tidaklah mahal.

Bahkan ada yang menurunkan tarif untuk penerbangan akhir tahun. Penurunannya cukup lumayan.

Seperti di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. Layanan rapid test disediakan di Airport Health Center Shelter Skytrain Terminal 2 dan Gate 5 Kedatangan Domestik Terminal 3. Layanan tersedia selama 24 jam da dapat dimanfaatkan tidak hanya calon penumpang namun juga masyarakat umum.

Tarif rapid test ditetapkan sebesar Rp145 ribu. Tetapi mulai 18 Desember 2020, tarif tersebut diturunkan menjadi Rp85 ribu.

Bandara lainnya yaitu Sultan Hasanuddin Makassar. Layanan rapid test di bandara ini tersedia di area keberangkatan pada pukul 08.00-16.00 WITA setiap hari.

Tarif rapid test ditetapkan sebesar Rp85 ribu. Tarif ini berlaku mulai 14 Desember 2020.

Layanan rapid test juga tersedia di Bandara Ngurah Rai Bali. Layanan ini tersedia di area publik Terminal Domestik pukul 07.00-19.00 WITA.

Tarifnya ditetapkan sebesar Rp85 ribu. Calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan ini diharuskan mendaftarkan diri secara online.

Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo juga memiliki layanan rapid test. Layanan diberikan di lantai mezzanine Gedung Penghubung pada pukul 06.00-16.00 WIB.

Tarif rapid test ditetapkan sebesar Rp85 ribu. Pemeriksaan dijalankan hingga 30 menit, bergantung antrean.

Bandara terakhir yang menyediakan layanan rapid test adalah Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Layanan ini bisa diakses di Gedung Shelter Bus Bandara pukul 07.00-15.00 WITA.

Tarifnya sebesar Rp85 ribu. Tarif tersebut sudah termasuk surat keterangan dan hasilnya dapat ditunggu.

Sumber: Liputan6.com

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki

Jangan Lewatkan