Sambut Asian Games, Babel Siapkan Ragam Paket Wisata

Beragam paket wisata menarik disiapkan untuk para atlet, official maupun supporter negara-negara peserta Asian Games 2018.

Puri Yuanita
| 4 Desember 2017 11:37

Dream - Gema dan antusiasme menyambut Asian Games 2018 juga turut disiapkan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung. Yakni dengan menyiapkan paket-paket wisata bagi para atlet, official maupun supporter negara-negara peserta Asian Games 2018.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Bangka Belitung, Rivai mengatakan, untuk paket-paket wisata ini pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pihak. Diantaranya sejumlah agen perjalanan serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan. " Program ini merupakan hasil kerja sama dengan pemerintah dan pihak terkait di Sumatera Selatan," ujar Rivai, dikutip dari keterangan pers tertulis, Senin 4 Desember 2017.

Dengan beragam potensi wisata yang dimiliki Bangka Belitung, serta jarak yang tidak jauh dengan Kota Palembang, merupakan satu kelebihan yang dimiliki Bangka Belitung. Sehingga wisatawan tidak perlu menempuh waktu perjalanan yang lama untuk bisa menikmati suguhan alam, budaya serta kuliner Bangka Belitung yang begitu mempesona sekaligus menggoda.

" Pesta olahraga internasional ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya karena ribuan peserta luar negeri akan hadir di Sumsel. Jadi potensi pariwisata di Kepulauan Bangka Belitung harus dijual pada peserta pesta olahraga yang diikuti 45 negara mendatang," kata dia.

Bangka Belitung memang dikenal dengan alam dan budaya serta kulinernya yang menggoda. Di Belitung misalnya, semua orang yang menginjakkan kaki di Belitung pasti akan langsung dibuat " melayang" dengan keindahan Pantai Tanjung Kelayang.

Pantai berpasir putih, laut yang begitu biru nan jernih serta kokohnya batuan granit raksasa di berbagai sudut makin menambah eksotisme Tanjung Kelayang. Tak salah pemerintah menjadikan Tanjung Kelayang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus.

Deretan pulau yang ada di sekitarnya menambah eksotisme kawasan ini. Ingin bermain di pantai, island hopping, atau sekadar mengabadikan foto dengan latar gradasi air laut yang jernih dan birunya langit Belitung, dijamin bakal membuat puas wisatawan.

Selain Tanjung Kelayang, di Belitung juga ada Pantai Tanjung Tinggi yang begitu terkenal karena menjadi lokasi pembuatan film " Laskar Pelangi" . Belum cukup, ada Pulau Lengkuas, Bukit Berahu, Danau Kaolin, Museum Kata Andrea Hirata dan masih banyak lagi.

Itu semua baru di Pulau Belitung. Jangan lewatkan ragam potensi lainnya di Pulau Bangka. Dijamin tak akan kalah membuat kamu tergoda. Di Pangkal Pinang misalnya. Ibukota Provinsi Bangka Belitung. Deretan kuliner khas siap menggoda lidah kamu. Mulai dari Hoklopan atau Martabak Bangka yang kelezatannya sudah tersebar ke seluruh penjuru nusantara. Paduan rasa gurih dan manisnya yang tiada tara. Belum lagi Lempah Kuning yang ketajaman rasa kuahnya dijamin bakal membuat rasa pening kamu langsung hilang.

Jika masih belum cukup, Kabupaten lainnya yang ada di Pulau Bangka juga siap menyambut para wisatawan. Di Toboali, Bangka Selatan misalnya. Ada Batu Belimbing, Pantai Batu Perahu serta Benteng Toboali yang menawarkan pemandangan indah. Dan masih banyak lagi potensi di bagian Pulau Bangka lainnya.

Kepala Seksi Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Achmad Fajri menambahkan, dalam paket-paket tersebut pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pihak. Termasuk dari Asosiasi Sales of Travel Indonesia (ASATI) serta Asosiasi Travel Agent (ASITA). " Paketnya banyak, contoh ada yang 4 hari 3 malam dan seterusnya," ujar Achmad Fajri.

Paket-paket tersebut pun mengombinasikan antara destinasi yang ada di Bangka dan Belitung. " Target khusus tidak ada, cuma dari peserta Asian Games kurang lebih 6.000 orang di Palembang. Semoga minimal 10 persen bisa berkunjung ke Bangka Belitung melalui paket wisata," ujarnya.

Sementara Ketua Umun Asosiasi Sale Travel Indonesia (Asati) M Syukri Mahmud mengatakan, potensi pariwisata Kepulauan Bangka Belitung memang bagus sehingga perlu ditawarkan pada peserta pesta olahraga akbar mendatang. " Asian Games akan menjadi peluang untuk menarik wisatawan mancanegara," ujar dia.

Sebagai agen perjalanan wisata pihaknya akan memanfaatkan sebaik mungkin kegiatan tersebut yang diharapkan peserta pesta olahraga mendatang tertarik berkunjung.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik persiapan yang dilakukan pemerintah daerah dalam menyambut pesta olahraga negara-negara ASEAN yang akan berlangsung di Indonesia. Yakni Jakarta dan Palembang.

Menurutnya sebagai tuan rumah tentunya Indonesia harus dapat memberikan kesan yang baik. " Salah satunya bisa diwujudkan dengan menyajikan suguhan keindahan dan eksotisme pariwisata Indonesia," kata Arief Yahya.

Pemerintah sendiri telah mempromosikan Asian Games 2018 di Indonesia di banyak kesempatan. Baik dalam kegiatan di dalam maupun luar negeri. " Itu yang sudah kita lakukan sementara sebelum jual paket-paket ini. Logo Asian Games selalu kita tempatkan di backdrop kegiatan-kegiatan di pasar utama kita. Hal ini bertujuan untuk membangun awareness masyarakat dunia terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia," kata Menpar Arief.

Polemik Donald Trump - Suara Hati Jenderal Gatot Nurmantyo

Jangan Lewatkan