Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sambut Fenomena Langka, Pontianak Siapkan Event Wisata Khusus

Sambut Fenomena Langka, Pontianak Siapkan Event Wisata Khusus Pontianak Siap Sambut Fenomena Kulminasi Matahari. (Foto: Culturenesia.com)

Dream - Even langka Pesona Kulminasi Matahari 21-23 Maret 2017 dipastikan akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Berbagai agenda acara menarik dipastikan siap menyapa wisatawan di Tugu Khatulistiwa. Begitu juga dengan kapal wisata dan komunitas kreatif.

Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak terlihat lebih serius dalam menyiapkan rangkaian kegiatan menyaksikan fenomena alam yang langka. Inspirasinya datang dari keberhasilan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang sukses menggarap Gerhana Matahari Total (GMT), beberapa waktu lalu.

Saat itu, wisatawan dari berbagai penjuru dunia datang ke Indonesia tanpa menghitung akses maupun amenitas. Tidur di mana saja, bahkan di atas tenda juga dijalani, demi mengejar 3 menit gerhana matahari itu.

Even yang dikombinasikan dengan serentetan festival itu sukses. Semua hotel ludes. Wisnus dan wisman pun gembira saat menyaksikan atraksi yang sudah diciptakan Tuhan itu. Saking hebohnya, #GMT2016 langsung menjadi trending topic dunia. Kesuksesan ini akhirnya menggiring PATA memberikan award marketing-primary government destination kepada Kemenpar.

"Inspirasinya memang dari GMT 2016. Sekarang kan Pesona Kulminasi Matahari juga tak jauh beda. Di sini semua orang bisa menyaksikan detik-detik tanpa bayangan saat tengah hari di 21-23 Maret 2017. Komunitas kreatif dan kapal wisata akan kami kerahkan untuk memeriahkan event langka ini," ungkap Kepala Disporapar Pontianak Syarif Saleh dikutip dari keterangan pers tertulis, Senin 20 Maret 2017.

kulminasi matahari

Pagelaran seni budaya, talkshow, lomba selfie hingga stand kuliner dipastikan siap menyambut wisatawan. Jadwal menyaksikan detik-detik tanpa bayangan juga sudah disusun dan di-share ke publik. "Tanggal 21 kulminasi jatuh pukul 11.50, tanggal 22 jamnya sama. Tanggal 23, pukul 11.49. Yang penasaran, silakan datang ke Pontianak," jelasnya.

Jangan takut kesulitan menembus lokasi. Bagi pengunjung dari Pontianak Kota, Tenggara, Selatan dan Barat, tahun ini aksesnya akan makin mudah. Selain jalur darat, ada kapal wisata yang bisa dipergunakan untuk mencapai Tugu Khatulistiwa. Jalurnya disiapkan dari Alun-alun Kapuas. Bahkan, selama penyelenggaraan event, akan ada satu kapal sandar di dermaga alun kota yang berangkat tiga kali dalam satu hari.

"Jam 08.00 kemudian disusul jam 10.00. Setelah itu disambung yang sore. Karena ada banyak acara di tugu, jadi mungkin terbagi tiga jam jadwalnya. Harganya masih negosiasi. Kami upayakan minimal Rp 7.500 sekali jalan ke sana," timpal Widia Jatiningrum, penanggung jawab Khatulistiwa Park.

Event langka itu kontan mengundang perhatian Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menyebut, event ini seharusnya dipromosikan dengan baik, agar banyak didatangi wisatawan.

"Di pariwisata, event-event langka seperti kulminasi matahari ini bisa menjadi salah satu atraksi untuk wisatawan khusus. Dan kita sudah membuktikan kehebohannya saat Gerhana Matahari Total 2016," kata Arief Yahya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ini Tujuh Fenomena Alam Menakjubkan yang Layak Masuk List Kunjungan Kamu!

Ini Tujuh Fenomena Alam Menakjubkan yang Layak Masuk List Kunjungan Kamu!

Tujuh fenomena alam yang menakjubkan ini tidak boleh dilewatkan. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
Menguak Misteri Pintu 'Dunia Bawah Tanah yang Terbuka

Menguak Misteri Pintu 'Dunia Bawah Tanah yang Terbuka

Penduduk mendengar suara sangat keras: bum! Muncul lubang menganga. Warga tak berani mendekati kawah tersebut.

Baca Selengkapnya
Dulu Terkenal, Kini Kontrakan 1.000 Pintu Berubah Menyeramkan, Dibiarkan Kosong dan Terbengkalai Setelah Terjadi Pembunuhan

Dulu Terkenal, Kini Kontrakan 1.000 Pintu Berubah Menyeramkan, Dibiarkan Kosong dan Terbengkalai Setelah Terjadi Pembunuhan

Deretan potret kondisi kontrakan 1.000 pintu yang dulu terkenal di Bekasi, kini berubah jadi seram.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.