Sandiaga Jamin Kesiapan Mandalika Gelar MotoGP

Sandiaga menyatakan pihaknya telah melakukan langkah antisipatif untuk mengatasi lonjakan wisatawan ke Mandalika.

Ahmad Baiquni
| 5 Januari 2022 11:28

Sinergi Pemerintah dan Swasta

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, menjelaskan untuk meningkatkan jumlah penginapan, Kemenparekraf bersinergi dengan pihak swasta.

"Bobobox dalam 2 bulan ini membangun kabin 100-200 masing-masing kapasitas 2 orang sehingga bisa menampung 400 wisatawan. Eiger membangun tenda-tenda yang sifatnya temporer," terang Jemadu.

Sirkuit Mandalika

Sementara, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya, menuturkan nantinya kebutuhan SDM akan dibagi ke dalam tiga ring wilayah. Ring 1 di dalam sirkuit, ring 2 di area sirkuit, dan ring 3 di luar sirkuit.

"Pelayanan di lapangan akan kami sesuaikan dengan rencana. Mudah-mudahan Minggu ini sudah termapping dari sisi kebutuhan jumlah SDM," terangnya.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam, bakal menyiapkan produk-produk ekonomi kreatif yang berkualitas. Seluruh produk akan dipajang di sekitar area gelaran MotoGP.

"Nanti bisa sebagai souvenir untuk turis, wisatawan sehingga bisa bawa pulang kenangan tersendiri untuk gelaran MotoGP," ucapnya.

Laporan : Siti Sarah Al Hafizd

Sederet Fakta Menarik Pernikahan Maudy Ayunda dengan Pria Asal Korea Selatan

Jangan Lewatkan