Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sandiaga Uno Targetkan Danau Toba Jadi Magnet Pariwisata Lokal

Sandiaga Uno Targetkan Danau Toba Jadi Magnet Pariwisata Lokal Foto: Shutterstock

Dream -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertandang ke ke Geosite Hutaginjang Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Kawasan wisata ini akan dikembangkan berbasis budaya dan kekayaan alam.

Menurut Sandiaga Uno, kearifan lokal dan budaya di kawasan Danau Toba mampu menarik potensi datangnya wisatawan jika dikembangkan secara tepat.

"Banyak kearifan lokal dan budaya disini yang harus kita jaga dan kembangkan. Tinggal kita membuat strategi apa yang tepat untuk dikembangkan," tutur Sandiaga Uno di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, Rabu 30 Desember 2020.

Salah satu konsep yang akan ditawarkan untuk pengembangan wisata Danau Toba antara lain kegiatan olahraga dan penyeragaman corak kain ulos. Kain tersebut masih menjadi ciri khas Danau Toba yang banyak diminati wisatawan.

"Calender of eventnya bisa dibuat sport tourism event. Dari segi produk seperti ulosnya juga harus diseragamkan dan lainnya," kata Sandiaga.

Pengemasan produk kuliner khas Danau Toba juga perlu ditingkatkan. Berbagai menu masakan tradisional seperti ombus-ombus, kacang sihobuk dan kopi Lintong perlu dikemas lebih baik.

"Itu sangat luar biasa, ombus-ombus dengan kopi lintong khas Danau Toba. Ini layak kalau kita kemas dengan baik dan ini merupakan kualitas ekspor yang berdaya saing. Jadi saya mendorong dari sisi ekonomi kreatif," ujarnya.

Membangkitkan destinasi wisata di tengah pandemi tentu memerlukan penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat. Sandiaga berpesan untuk tidak melupakan 4K (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian Lingkungan).

Sandiaga Uno juga ingin mengajak pemerintah daerah untuk berkolaborasi meningkatkan kualitas SDM pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk peningkatan kualitas dan kuantitas produk ekonomi kreatif.

Liputan: Merdeka.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP