Sedih, Pantai Cantik di Film 'The Beach' Terpaksa Ditutup

Maya Bay ditutup hingga waktu yang tak diketahui.

Mutia
| 6 Oktober 2018 11:11

Dream - Pesona Maya Bay di Thailand begitu populer di seluruh dunia. Airnya yang jernih percampuran biru kehijauan, ditambah keindahan tebing di sekelilingnya jadi magnet yang luar biasa memanggil wisatawan untuk datang.

Pantai ini pertama kali mencuri perhatian saat jadi tempat syuting film The Beach yang dibintangi Leonardo DiCaprio pada tahun 2000 lalu. Sejak itu, Maya Bay tak pernah sepi pengunjung.

Namun kini ada kabar menyedihkan. Departemen Taman Nasional, Satwa Liar dan Konservasi Tanaman Thailand (DNP) mengumumkan pada 2 Oktober 2018, bahwa Maya Bay ditutup hingga waktu yang tak diketahui.

Sejak 1 Juni 2018 sebenarnya sudah diterapkan kebijakan pembatasan wisatawan di Maya Bay. Hal ini dilakukan demi melakukan peremajaan ekosistem laut di dalamnya yang telah rusak karena banyaknya pengunjung.

" Ekosistem dan struktur fisik pantai belum kembali ke kondisi penu. Kami akan memperpanjang penutupan dari Oktober dan seterusnya sampai sumber daya alam kembali normal," isi pengumuman tersebut yang ditanda tangani Direktur Umum DNP, Thanya Nethithammakul, seperti dikutip dari CNN Travel.

Thailand memang cukup berani dalam mengambil langkah tegas demi melindungi ekosistem alam mereka. Pihak DNP secara teratur menutup taman nasional dan pulau-pulau karena berbagai alasan.

Mulai dari cuaca ekstrem hingga pemulihan ekologi, tetapi ini adalah pertama kalinya langkah-langkah tersebut diterapkan pada Maya Bay. Padahal spot cantik tersebut merupakan penggerak industri wisata yang sangat berpengaruh di Thailand. Salut!

Sumber: CNN Travel

Topik Terkait :

Biduan Gendong Pengantin Pria di Pelaminan

Jangan Lewatkan