Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Rekomendasi Gunung Bagi Pendaki Pemula Ala Fiersa Besari

5 Rekomendasi Gunung Bagi Pendaki Pemula Ala Fiersa Besari Ilustrasi Mendaki Gunung (Sumber:Instagram @fiersabesari)

Dream - Mendaki gunung menjadi salah satu hobi yang belakangan ini banyak dijalani oleh kaum muda. Pemandangan yang indah, serta kisah yang seru bersama kawan-kawan menjadi kenangan tak terlupakan selepas mendaki gunung.

Akibat pandemi, berbagai gunung di Indonesia sempat ditutup untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Sontak para pendaki yang terbiasa melakukan perjalanan harus mengurungkan niatnya sementara demi menjaga kesehatan.

Setelah berbulan-bulan menjalani kehidupan akibat pandemi, istilah 'new normal'  pun mulai diperkenalkan ke khalayak. Berbagai fasilitas umum, termasuk kantor dan pusat hiburan pelan-pelan mulai dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang ketat. Lalu bagaimana dengan jalur pendakian gunung? Menurut berbagai informasi yang dihimpun, beberapa gunung sudah mulai mempersiapkan diri untuk dibuka kembali sambil menunggu informasi dari pemerintah.

Jika Sahabat Dream berniat mencoba mendaki gunung selepas pandemi, ada baiknya memperhatikan destinasi gunung yang akan dituju. Jalur yang lebih ramah, tentu bisa menjadi pilhan bagi para pemula. Agar tak salah langkah, berikut informasi mengenai 5 rekomendasi gunung yang bisa dicoba untuk para pemula dari musisi indie Fiersa Besari. 

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung yang direkomendasikan oleh Fiersa Besari. Gunung ini terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Cisurupan. 

Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki beberapa kawah yang terkenal, seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Gunung Papandayan memiliki panorama yang indah sejak awal mendaki. Kita bisa berkemah di sebuah padang Edelweis. Karena masih berada dalam kawasan konservasi hutan, banyak babi hutan yang masih berkeliaran di area gunung ini. 

Gunung Kerenceng

Gunung Kerenceng terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Gunung ini cukup ramah bagi para pemula karena memiliki ketinggian sekitar 1.736 meter diatas permukaan laut. 

Karena memiliki ketinggian yang cukup rendah, Gunung Kerenceng sedikit agak panas dibanding gunung-gunung lainnya. Namun, untuk para pemula sangat cocok karena memiliki pemandangan yang indah. 

"Pemandangan sangat keren saat turun kabut. Disarankan untuk ngecamp sehari dulu, baru naik puncak subuh-subuh untuk dapat pemandangan" saran Fiersa Besari dalam Youtube channel pribadinya.

 

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro bisa menjadi opsi bagi para pendaki pemula yang ingin mencoba sensasi naik gunung, Gunung Sindoro terletak di Jawa Tengah, dekat dengan Kota Temanggung dengan ketinggian 3.150 meter di atas permukaan laut.

Puncak Sindoro memiliki sunrise yang cukup indah, jadi sangat cocok untuk para pemula. 

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Kawasan gunung Tujuh merupakan sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci, dengan ketinggian 3.850 meter di atas permukaan laut.

Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat dan termasuk situs warisan Dunia UNESCO. Dengan pemandangan yang indah, danau gunung tujuh menjadi salah satu rekomendasi yang cocok bagi para pemula. 

 

Gunung Ijen

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. 

Gunung ijen memiliki ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut dan terletak berdampingan dengan gunung merapi. 

Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah blue fire di dalam kawah yang terletak di puncaknya. Pendakian gunung ini bisa dimulai dari dua tempat. Pendaki bisa berangkat dari Banyuwangi atau dari Bondowoso. 

 

Sumber Youtube/Fiersa Besari

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
8 Pendakian Gunung Paling Berbahaya di Eropa, Pemula Hati-Hati
8 Pendakian Gunung Paling Berbahaya di Eropa, Pemula Hati-Hati

Jalur-jalur yang mudah adalah untuk pemula, tetapi ada pendakian yang sulit untuk menguji daya tahan orang-orang

Baca Selengkapnya
Ini Hal yang Harus Dilakukan saat Terjadi Bencana Alam Gunung Meletus, Simak Baik-Baik!
Ini Hal yang Harus Dilakukan saat Terjadi Bencana Alam Gunung Meletus, Simak Baik-Baik!

Saat terjadi bencana alam seperti letusan gunung berapi, ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

Baca Selengkapnya
Ngeri! Gunung Es Terbesar di Dunia Bergerak untuk Pertama Kalinya Setelah 37 Tahun, Akibatnya Tak Tanggung-Tanggung
Ngeri! Gunung Es Terbesar di Dunia Bergerak untuk Pertama Kalinya Setelah 37 Tahun, Akibatnya Tak Tanggung-Tanggung

Gunung es terbesar di dunia ini mulai melakukan pergerakan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Fakta-Fakta dan Kondisi 13 Pendaki Hilang di Gunung Pangrango Saat Hendak Ziarah ke Tempat Keramat
Fakta-Fakta dan Kondisi 13 Pendaki Hilang di Gunung Pangrango Saat Hendak Ziarah ke Tempat Keramat

Fakta-Fakta dan Kondisi 13 Pendaki Hilang di Gunung Pangrango

Baca Selengkapnya
Bungkus! Tebak kopi Sachet
Bungkus! Tebak kopi Sachet

Sahabat dream, kalian suka minum kopi sachet gak nih? Kalau pernah, pasti bisa dong jawab tebakan ini.

Baca Selengkapnya