Segera Lakukan Ini Saat Pesawat Mendarat Darurat!

Jangan sibuk mengambil video saat bencana terjadi jika mau selamat!

Dwifantya
| 12 Mei 2018 12:40

Dream - Kapan terakhir kali Anda memperhatikan instruksi keselamatan di pesawat terbang? Banyak penumpang yang kini lebih senang membaca buku atau mendengarkan musik, tanpa memperhatikan di mana pintu keluar darurat.

Padahal hal terburuk selalu baik untuk dipersiapkan, dan ada beberapa tindakan yang dapat Anda ambil saat situasi darurat terjadi demi kelangsungan hidup, menurut seorang pilot seperti dilansir Bussiner Insider, Sabtu 12 Mei 2018.

Dave Inch adalah kapten pesawat Boeing 787, pesawat yang digunakan oleh banyak maskapai internasional seperti United Airlines dan British Airways. Dia mengungkapkan dalam postingannya di Quora tentang bagaimana penumpang dapat menyelamatkan dirinya ketika pesawat mendadak turun dari ketinggian.

Pertama, Anda harus memastikan bahwa Anda siap untuk kecelakaan dan langkah keselamatan berikutnya dengan menyingkirkan semua benda tajam dari kantong Anda, melonggarkan ikat pinggang Anda, dan melepaskan ikatan atau syal apa pun. Anda juga harus melepas sepatu hak tinggi dan kacamata, jika Anda memakainya.

Selanjutnya, kata dia, harus tahu di mana pintu keluar terdekat Anda dan pintu keluar cadangan, karena beberapa tidak dapat digunakan jika pesawat mendarat di air. Kemudian hitung jumlah baris ke pintu keluar dan cobalah untuk mengidentifikasi rintangan apa pun di jalan, untuk berjaga-jaga jika kabin penuh dengan asap.

Jangan bangun dari tempat duduk Anda kecuali Anda diperintahkan untuk melakukannya, dan jangan membuka pintu atau jendela apa pun kecuali Anda diberitahu oleh seorang pramugari. Jika ada asap, sepotong kain lembab dapat membantu bernapas.

" Ikuti petunjuk dari pramugari di briefing pra-pendaratan mereka," tulisnya.

" Jika semua orang berada di posisi yang sama dan memahami apa yang diharapkan dari mereka, orang akan bekerja sama untuk mengeluarkan semua orang. Jangan buang waktu Anda mengambil video dengan kamera Anda. DENGARKAN dan PERHATIKAN. Jika Anda bertahan dengan sebuah video, itu keren. Jika kamu mati karena kamu lebih tertarik untuk mengambil video daripada memperhatikan, itu tidak keren," tambahnya.

Instruksi lain yang harus diperhatikan adalah jangan mengembangkan rompi Anda sampai Anda keluar dari pintu pesawat. Ini penting karena jika mengembang di dalam dan pesawat mengisi dengan air, Anda akan terjebak dan tidak dapat berenang di bawah air untuk keluar. Jika ini terjadi, pegang orang lain begitu Anda berada di luar, karena satu rompi dapat melampungkan dua orang.

Setelah keluar dari pesawat, pastikan Anda menjauh dari asap dan api. Jangan meninggalkan daerah, tunggu bala bantuan datang.

" Kecelakaan adalah bencana yang paling tidak bisa diantisipasi sehingga jarang mendapatkan pemberitahuan terlebih dahulu. Dalam kasus-kasus itu, jika Anda mau selamat, ikuti petunjuk pramugari dan jangan membawa apapun bersamamu," tulisnya.

Topik Terkait :

2 Aktor Laga Indonesia Bakal Main di 'JOHN WICK 3'

Jangan Lewatkan