Sejarah Baru, Perempuan Saudi Boleh Jadi Pemandu Wisata

Para perempuan Saudi bisa mendapatkan lisensi dari Komisi Pariwisata dan Peninggalan Nasional Saudi atau SCTNH.

Eko Huda S
| 5 Maret 2018 12:29

Dream - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menerapkan aturan baru. Mereka membolehkan kaum perempuan menjadi guide alias pemandu wisata. Mulai tahun ini, para perempuan Saudi bisa mendapatkan lisensi dari Komisi Pariwisata dan Peninggalan Nasional Saudi atau SCTNH.

Direktur sektor perhotelan SCTNH, Badr Al-Obaid, mengatakan, perempuan Saudi bisa membuka website untuk mengetahui syarat-syarat untuk mendapatkan lisensi pemandu wisata.

" Pemberdayaan perempuan hadir dengan tanggung jawab," kata dia, dikutip dari Saudi Gazette, Senin 5 Maret 2018.

Obaid menambahkan, negaranya sudah mulai menerapkan Saudisasi di berbagai tingkatan di sektor pariwisata. Pemerintah kerajaan juga telah melakukan program pelatihan kepada 8.000 pemuda Saudi untuk memenuhi lapangan kerja sektor ini.

Tak hanya itu, dalam dua tahun belakangan, lebih dari 400 mahasiswa Saudi dikirim ke luar negeri guna menimba ilmu dan mempersiapkan diri mereka di sektor pariwisata. Pemerintah Saudi juga mendukung para pemuda untuk berinvestasi di sektor pariwisata yang masuk dalam program Visi 2030 Saudi.

Sementara, Direktur Urusan Perempuan Kementerian Sosial dan Tenaga Kerja Saudi, Eman Rajhan, mengatakan, para pemuda Saudi mampu melayani negara mereka. Saat ini, kawula muda Saudi, khususnya perempuan, sudah terbiasa kerja paruh waktu maupun full time di bidang transportasi dan perawat kesehatan

Topik Terkait :

Selamat! Putri Marino Lahirkan Bayi Cantik

Jangan Lewatkan