'Sembalun Seven Wonders' Didorong Jadi Ikon Pariwisata Indonesia

Sembalun punya bentang alam yang indah, hasil pembentukan dari gunung purba.

Ahmad Baiquni
| 8 Mei 2021 13:10

Dream - Para pelaku pariwisata di kawasan Gunung Rinjani, Lombok Timur, mendorong agar " Sembalun Seven Wonders" menjadi ikon pariwisata Indonesia. " Sembalun Seven Summits" merupakan branding wisata alam dan petualangan yang pertama kali dicetuskan Komite Sembalun Seven Summits pada 25 Oktober 2020.

Lewat brand ini, pelaku pariwisata Gunung Rinjani menawarkan program pendakian tujuh puncak yang ada di kawasan Gunung Rinjani. Mulai dari Bukit Raon Ritif (1.500 Mdpl), Bukit Pergasingan (1.806 Mdpl), Bukit Anak Dara (1.923 Mdpl), Bukit Kondo (1.937 Mdpl), Bukit Lembah atau Gedong (2.200 Mdpl), Bukit Sempana (2.329 Mdpl), dan Gunung Rinjani (3.726 Mdpl).

Dalam dialog bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, para pelaku pariwisata ingin gar " Sembalun Seven Wonders" dibantu lebih banyak publikasi menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia. Khususnya dalam wisata minat khusus pendakian (sport tourism) sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan akan totalitas atau all out dalam mendukung pengembangan pariwisata di Lombok Timur, dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya. Dialog yang dilakukan menjadi salah satu upaya baginya untuk melihat langsung dan menyerap masukan dari para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

" Dialog ini akhirnya bisa mengidentifkasi beberapa titik temu, pariwisata di Lombok Timur ini khususnya yang berbasis alam dan budaya ini harus menjadi satu sinergi yang berkaitan dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi untuk mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," ujar Sandiaga.

 

Selanjutnya :

Apresiasi Sandiaga

BERANI BERUBAH: Bunga Rezeki dari Rak Bunga - Berani Berubah

Jangan Lewatkan