Sensasi Makan Soto Sembari Refleksi Ikan

Rasanya mak nyus!!!

Ahmad Baiquni
| 30 Desember 2019 11:11

Dream - Soto jadi santapan kegemaran masyarakat Indonesia. Menu ini selalu cocok dinikmati kapan saja, baik pagi, siang, sore maupun malam.

Kedai soto sangat mudah kita temukan. Hampir semua daerah di Jawa, pasti ada tempat makan yang menawarkan menu soto.

Berbeda halnya dengan Soto Cokro Kembang. Kedai soto di Yogyakarta ini menawarkan sensasi menikmati soto sembari refleksi ikan.

Dikutip dari Oddity Central, kedai soto ini awalnya adalah taman bunga. Pemilik usaha ini, Iman Nur, membuat destinasi yang bisa menenangkan pikiran pengunjung dari hiruk pikuk kota.

Seiring berjalannya waktu, muncul ide untuk merombak kandang sapi yang terletak di samping taman bunga menjadi tempat makan unik. Iman membuat konsep spa ikan sehingga pengunjung bisa makan soto sembari refleksi.

Iman tidak pernah menyangka usahanya ternyata menarik banyak perhatian. Bahkan kedai sotonya menjadi bahan pemberitaan di sejumlah media lokal, nasional, bahkan asing.

 Soto Cokro Kembang

" Kami awalnya membuka kedai ini hanya untuk masyarakat lokal yang tinggal di sekitar sini," kata Iman.

Iman tidak pernah membayangkan usahanya bisa sangat terkenal. " Ini jadi semacam wisata kuliner, banyak orang datang ke sini dari berbagai kota," kata dia.

Makan dengan kaki terendam air setinggi betis berisi ikan di dalamnya bukanlah pengalaman biasa terjadi. Dalam sekejap, Soto Cokro Kembang langsung populer.

Ayah Iman, Susanto, mengubah kandang sapi itu menjadi kolam dangkal dan mengisi dengan 7.000 ekor ikan nila merah anakan. Ikan ini sering digunakan untuk layanan spa.

 Soto Cokro Kembang

" Ketika air tenang, biasanya kan akan mendekat untuk makan. Pengunjung bilang gigitan ikan-ikan itu terasa enak," kata Susanto.

Di beberapa negara, spa ikan memicu kontroversial. Beberapa kota di Amerika Utara dan Eropa melarang spa ikan mengikuti laporan tentang adanya potensi infeksi bakteri dan penggunaan hewan.

Tetapi, layanan spa ikan masih populer di negara-negara Asia. Karena konsep tempat makan+spa ikan tergolong baru, orang berbondong-bondong datang ke Soto Cokro Kembang.

Topik Terkait :

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian

Jangan Lewatkan