Sensasi Menyelam di Museum Seni Bawah Air Kota Cannes Prancis

Museum bawah air ini menampilkan enam patung raksasa.

Ahmad Baiquni
| 4 Maret 2021 20:14

Dream - Kota Cannes di Riviera, Prancis, mungkin lebih dikenal sebagai lokasi penyelenggaraan festival film tingkat dunia. Tetapi, sebenarnya kota ini punya banyak destinasi menarik untuk dikunjungi.

Di kota ini terdapat destinasi baru yang unik yaitu museum seni bawah air. Museum ini terletak di Île Sainte Marguerite yang merupakan kawasan konservasi laut.

Dikutip dari Lonely Planet, museum seni ini memiliki enam patung berbentuk topeng wajah berada di bawah permukaan laut. Masing-masing patung memiliki tinggi mencapai lebih dari enam kaki dan beratnya sekitar 12 ton.

Selain itu, bentuk topeng berkaitan dengan sejarah di Pulau Cannes. Pada akhir abad ke-17, pulau tersebut digunakan sebagai tempat untuk memenjarakan " Manusia Bertopeng Besi" akibat perdebatan modern tentang identitas, persona publik, dan kebohongan.

Karya seni tersebut diciptakan selama empat tahun oleh seniman bawah air asal Inggris, Jason deCaires Taylor. Ini merupakan karya instalasi pertamanya di Mediterania.

Setiap patung dibuat menggunakan semen non-toksik, ber-pH netral, bebas dari polutan berbahaya. Sehingga bisa menjadi bagian integral dari ekosistem lokal.

Selain menciptakan tempat menyelam baru yang menarik, museum bawah air ini diharapkan dapat membantu melestarikan flora dan fauna. Maka dari itu sebelum ditempatkan di bawah air, infrastruktur laut tua, sampah, pipa dan kabel tua disingkirkan lebih dulu

Patung-patung tersebut dibawa ke lokasi menggunakan perahu, dan ditempatkan ke posisinya dengan bantuan penyelam dan menggunakan crane. Untuk kamu yang penasaran ingin menyelam di antara patung-patung tersebut tidak perlu khawatir biaya, karena gratis.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Puasa Pertama Atta Bareng Aurel: Baju Baru Plus Disuapi

Jangan Lewatkan