Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

September Ini, Jangan Lewatkan Festival Payung Indonesia 2016!

September Ini, Jangan Lewatkan Festival Payung Indonesia 2016! Festival Payung Indonesia 2016 Terasa Sampai Bukit Bintang (Foto: Kementerian Pariwisata)

Dream - Kali kedua, Kemenpar mendukung kegiatan Festival Payung Indonesia (FPI) 2016 yang digelar di Solo, Jawa Tengah. Persisnya, 23-25 September 2016 nanti di Taman Balekambang yang punya nilai historis bagi warga Kota Bengawan itu. Taman seluas 9,8 Ha yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, GRAy Partini dan GRAy Partinah tahun 1921.

"Festival ini adalah festival yang mempertemukan pelaku industri kreatif kreasi payung, penggiat pelaku seni karnaval dan masyarakat untuk melestarikan seni kerajinan payung Indonesia. Terima kasih Kemenpar yang terus peduli dengan kegiatan di daerah yang berpotensi juga mendatangkan wisatawan," ujar Ketua Panitia Kegiatan FPI 2016, Heru Mataya.

Menurut Heru, dalam acara tersebut nantinya akan ada pagelaran Pasar Payung yang bakal menjadi sentral pelaksanaan. Dalam acara itu akan dilaksanakan Karnaval Payung, Solo Dance Festival, Pentas Tari Payung, Fashion Show Payung, Pameran dan Lomba Foto, Workshop dan Melukis Payung, Sarasehan dan Refleksi, serta Workshop World Culture Forum.

"Ini karya seni yang indah dan sangat bisa mendatangkan wisatawan. Buktinya, even FPI tahun ini, selain akan dimeriahkan dengan berbagai kerajinan payung dari dalam negeri, panitia juga akan menampilkan kerajinan payung dari sejumlah negara Asia, seperti Kamboja, Thailand, Jepang, dan Tiongkok, ada kemungkinan akan bertambah lagi," kata Heru.

Perhelatan ini sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya. Pada tahun lalu digelar di tempat yang sama pada bulan yang sama juga di tahun 2015. Heru menjelaskan, berbagai persiapan pun tengah dilakukan panitia termasuk mendatangkan pengrajin dari berbagai kota. Panitia juga sudah mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penyelenggaraan FPI tahun ini, salah satunya melalui kegiatan pra-even yang dilangsungkan di kawasan CFD Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Sejumlah kerajinan payung akan ditampilkan, antara lain dari Juwiring dan Klaten. Uniknya, di even kali ini panitia mencoba lebih mengeksplorasi sajian kerajinan, yakni dengan menampilkan batik yang ada di seluruh nusantara. "Adanya pra-even yang kami laksanakan agar masyarakat luas juga mengenal jenis payung tradisional yang ada di Indonesia. Kami berharap masyarakat tidak hanya melestarikan payung, namun juga mengembangkan payung untuk menjadi sebuah kesenian kreasi baru," terang Heru.

(Sumber: Kementerian Pariwisata)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial
Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Berlangsung sejak November 2023, acara ini sukses bangkitkan semangat para Ibu untuk berdaya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!
BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

Kalian pernah gak sih melihat video viral dan jadi terngiang-ngiang terus? Setiap mau makan selalu muncul, bikin bete gak sih sahabat dream?

Baca Selengkapnya