Kursi Berdiri Penumpang Pesawat Diluncurkan, Solusi Terbang Murah?

Meski berdiri diklaim anti pegal. Kok bisa?

Ahmad Baiquni
| 8 April 2019 11:11

Dream - Perusahaan interior penerbangan berbasis di Italia, Aviointeriors, memperkenalkan ke publik koleksi terbarunya berupa kursi berdiri penumpang pesawat, Skyrider 3.0. Kursi tersebut diperkenalkan di pameran Aircraft Interior Expo 2019 (AIX) di Hamburg, Jerman.

Dikutip dari Wreg, ini merupakan seri terbaru dari pendahulunya, Skyrider 2.0. Seri ini juga dikenalkan ke publik pada event yang sama tahun lalu.

Penasehat teknik Aviointeriors, Gaetano Perugini, menekankan konsep kursi ini tidaklah mengenai menciptakan 'kelas ternak'. Dengan kata lain, dia tidak ingin membuat pesawat sesak dengan penumpang yang berjubel.

" Pesannya adalah, kami tidak ingin mengambil ribuan penumpang dalam kabin, kami ingin menawarkan konfigurasi antar-kelas, yang saat ini tidak memungkinkan untuk meningkatkan jumlah penumpang," kata Perugini.

 Bang berdiri

Biasanya, satu-satunya cara maskapai untuk memaksimalkan kapasitas pesawat mereka adalah dengan kelas ekonomi. Skyrider membutuhkan ruang yang jauh lebih sedikit daripada kursi ekonomi, hanya 23 inchi.

Dengan begitu, maskapai bisa menawarkan lebih banyak bangku kelas ekonomi. Di saat bersamaan, maskapai bisa menjual lebih banyak bangku untuk kelas lainnya di penerbangan yang sama.

" Itu berarti bahwa dalam kabin yang sama, Anda punya kelas ekonomi standar, ekonomi premium, ataupun ekonomi ultra-basic, yang merupakan inovasi bagi maskapai dan penumpang. Itualah alasan sesungguhnya untuk Skyrider," kata Perugini.

 Bangku berdiri

Menurut Perugini, konsep kursi berdiri ini sudah diminati banyak pihak. Meski begitu, belum ada satupun yang sudah melakukan pemesanan.

Masih ada satu masalah yang dihadapi pabrikan. Perugini mengatakan masalah itu adalah, " Jika Anda membaca spesifikasi A380 atau A320, atau A321 atau 737, Anda akan menyadari bahwa interiornya tidak dirancang untuk dipasang bangku kurang dari 28 inchi, sementara Skyrider adalah 23 inchi."

Topik Terkait :

Siap Jadi Ayah, Raditya Dika Ingin Besanan Dengan Raffi Ahmad

Jangan Lewatkan