Siap Mendunia, Ikon Kuliner Indonesia akan Saingi Sushi Jepang

Sampai saat ini Indonesia masih belum memiliki kesepakatan tentang ikon kuliner khas negeri yang bisa diperkenalkan ke dunia. Apakah itu nasi goreng, rendang, atau sate?

Puri Yuanita
| 14 Desember 2016 15:43

Dream - Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata, masih belum menemukan kesepakatan terkait penetapan ikon kuliner khas Indonesia. Padahal, negara-negara lain termasuk negara tetangga kita telah memiliki ikon kuliner sendiri.

Hal ini membuat Indonesia harus bergerak lebih cepat dalam menentukan kuliner khas. Seperti halnya Jepang yang memiliki Sushi atau Thailand yang memiliki Tom Yam.

Vita Datau selaku Ketua Tim Percepatan Kuliner dan Belanja, Kementerian Pariwisata, angkat bicara mengenai wacana tersebut.

" Sampai saat ini Indonesia masih belum memiliki kesepakatan tentang ikon kuliner khas negeri yang bisa diperkenalkan ke dunia. Apakah itu nasi goreng, rendang, atau sate," ujarnya saat ditemui Rabu, 14 Desember 2016.

Namun, kata Vita, saat ini pemerintah mulai berfokus pada pengembangan destinasi kuliner. Hal ini dikarenakan destinasi kuliner menyumbang pemasukan sebesar 32,4% pada sektor ekonomi.

Ia menambahkan, negara yang menginginkan destinasi kulinernya maju haruslah memiliki komitmen. Baik itu komitmen dari pemerintah pusat maupun daerah.

" Indonesia bisa memperkenalkan banyak makanan khas, tapi hanya tetap dibutuhkan satu ikon yang dapat membawa identitas nusantara," tambahnya.

(Laporan: Nanda Febriani)

Pengadilan Tinggi Banten Putuskan Rezky Aditya Ayah Kandung Putri Wenny Ariani

Jangan Lewatkan