Siap-siap! Asteroid Raksasa Akan Melintas Dekat Bumi Pekan Ini

Asteroid seukuran rumah akan mengelilingi bumi dengan kecepatan tinggi.

Puri Yuanita
| 10 Oktober 2017 12:19

Dream - Sahabat Dream Travel, kamu seorang 'sky watcher'? Kalau begitu, pastikan untuk meluangkan beberapa saat untuk mengintip melalui teleskopmu pada hari Rabu, 11 Oktober, karena sebuah asteroid besar akan mengelilingi bumi dengan kecepatan tinggi.

Menurut CNet, para astronom di seluruh dunia telah melacak asteroid yang dikenal sebagai " 2012 TC4" itu sejak Juli. Kemudian, para ilmuwan percaya bahwa batuan antariksa, yang diperkirakan berada di antara 30 dan 100 kaki jaraknya, bisa mendekati sejauh 7.500 mil ke Bumi.

Namun, para ilmuwan telah memperbarui prediksi mereka dan sekarang percaya bahwa asteroid tersebut akan membuat jalur terdekatnya ke Bumi pada pukul 10:42 malam. PST pada jarak 27.211 mil - yang masih cukup dekat. Seperti yang dijelaskan Mic, 27.000 mil adalah benar-benar hanya seperdelapan jarak antara Bumi dan bulan.

Dengan kata lain asteroid akan cukup dekat dan bisa dilihat, tapi ia akan bergerak sangat cepat sehingga dibutuhkan posisi tempat serta peralatan yang tepat untuk menyaksikannya.

" Mengamati asteroid ini akan menantang karena Anda perlu tahu kemana harus mengarahkan teleskop pada suatu waktu," kata Paul Chodas, Manajer Pusat Studi Objek Dekat Bumi di Laboratorium Propulsi Jet NASA.

Chodas lebih jauh mencatat bahwa asteroid tidak akan cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang. Jadi jika kamu ingin melihatnya pastikan untuk menggunakan teleskop delapan inci.

Di luar asteroid ini, NASA melaporkan bahwa Bumi kemungkinan akan aman dari dampak asteroid sampai setidaknya 2050. Untungnya, para ilmuwan telah menggunakan pendekatan fly-by 2012 TC4 untuk mempelajari dan mengumpulkan data tentang jalur asteroid, yang suatu hari nanti dapat memberi manusia peringatan agar mereka dapat mengantisipasi jika suatu hari nanti ada asteroid yang benar-benar bertabrakan dengan planet kita.

(Sumber: travelandleisure.com)

 

Selanjutnya :

Fenomena Langka Ini Bakal Hiasi Langit Malam Indonesia

Topik Terkait :

7 Restoran Halal di Korea Selatan

Jangan Lewatkan