Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sinergi Kemenparekraf Kembangkan Potensi Wisata Bahari

Sinergi Kemenparekraf Kembangkan Potensi Wisata Bahari Foto: Shutterstock

Dream - Berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah guna memulihkan sektor pariwisatan dan ekonomi kreatif. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan wisata bahari bertaraf internasional di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan akan menjalin kolaborasi dengan kementerian, lembaga dan stakeholder terkait untuk menjalankan misi tersebut.

"Wisata bahari sangat bersinggungan dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, dan Pemda. Nanti akan kita permudah mekanismenya, karena pemerintah harus berkolaborasi dengan kementerian/lembaga terkait," ujar Sandiaga dilansir dari laman resmi Kemenparekraf.

Dalam agenda tersebut hadir pula Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Fadjar Hutomo, Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Hanifah Makarim dan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan P. Roeslani.

Kemenparekraf

Seluruh aspek dari sejumlah daerah wisata potensial seperti Labuan Bajo, Bintan, Belitung dan Jakarta dipastikan harus dikemas dengan baik. Hal tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas wisata bahari dan juga menciptakan lapangan kerja.

Terkait wisata bahari, pembangunan infrastruktur pelabuhan juga perlu mendapat perhatian. Ketua Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, menuturkan minimnya dermaga kapal bertaraf internasional di Indonesia. Hal ini membuat minimnya wisatawan mancanegara yang menggunakan kapal mewah atau yacht untuk berwisata di Indonesia.

"Biasanya wisman parkir kapalnya ataupun sewa kapal di Thailand karena infrastrukturnya lebih baik. Untuk itu, Labuan Bajo, Bali, dan Bintan harus digarap, karena itu semua merupakan jalur pelayaran kapal,” jelas Rosan.

Dermaga yang baik dan berkualitas diharapkan dapat membuat banyak wisatawan singgah dan berbelanja di berbagai destinasi wisata Indonesia.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
IKN Segera Beroperasi, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Minta Sungai Mahakam Disulap Jadi Destinasi Pariwisata
IKN Segera Beroperasi, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Minta Sungai Mahakam Disulap Jadi Destinasi Pariwisata

Akmal mengajak Dinas Pariwisata belajar mengelola potensi dan berkolaborasi dengan mitra dan para pemangku industri pariwisata lainnya.

Baca Selengkapnya
Sederet Seleb Punya Jabatan Mentereng di Perusahaan Besar
Sederet Seleb Punya Jabatan Mentereng di Perusahaan Besar

Tak sedikit seleb atas tanah air yang juga berkecimpung di dunia bisnis.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Derita Anak Kost
BUNGKUS! Derita Anak Kost

Sahabat Dream yang pernah hidup di kost pasti pernah merasa pengalaman ini. Kadang makan enak, kadang ya gitu deh. Yuk anak kost berbagi cerita.

Baca Selengkapnya