Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Staycation, Cara Liburan Seru di Kota Sendiri yang Lebih Hemat

Staycation, Cara Liburan Seru di Kota Sendiri yang Lebih Hemat Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Siapa sih yang tidak butuh liburan? Dengan banyaknya aktivitas di kantor hingga kemacetan di jalan membuat level stres seseorang meningkat dan butuh sesuatu untuk menyegarkannya kembali. Salah satu cara yang bisa dilakukan orang untuk mengatasinya adalah dengan rekreasi (vacation).

Tapi biaya rekreasi tidaklah murah - apalagi jika kamu memutuskan untuk bepergian ke luar kota, ke luar pulau, atau bahkan ke luar negeri. Kamu harus memikirkan biaya tiket pesawat, akomodasi, transportasi di tempat tujuan, makan, hingga kebutuhan tersier semacam beli oleh-oleh dan biaya tiket masuk ke sebuah atraksi. Bayangkan juga berapa jumlah uang yang akan dikeluarkan jika kamu pergi sekeluarga.

Staycation (dari kata stay dan vacation) atau juga dikenal sebagai holistay (dari kata holiday dan stay) jadi satu dari sekian banyak solusi untuk berwisata yang tentunya bisa menghemat biaya tanpa harus meninggalkan kota. Tapi istilah ini masih belum banyak digunakan. Lalu apa fungsinya? Apakah staycation bisa mengurangi esensi berlibur?

Staycation, Cara Liburan Seru yang Lebih Hemat

Menurut Google Dictionary, staycation adalah liburan yang dilakukan di negara sendiri, bukan di luar negeri, atau liburan yang dilakukan di rumah dan melibatkan perjalanan ke atraksi-atraksi lokal yang berada di sekitar area tempat tinggal, atau dengan kata lain, menjadi turis di kota sendiri. Kamu juga bisa melihatnya sebagai sebuah periode di mana seseorang atau keluarga tinggal di suatu tempat (rumah, hotel, atau villa) dan melakukan leisure activities yang tidak jauh dari tempat tinggal.

Blog Wordspy.com mengatribusi penggunaan istilah ini pertama kali pada sebuah artikel dari The Sun News tahun 2003. Istilah ini kemudian kian populer di Amerika dan dunia selama krisis finansial tahun 2007 hingga 2010, yang memaksa orang untuk memotong anggaran liburan. Begitu pula di Inggris tahun 2009 saat nilai poundsterling melemah, menjadikan liburan ke luar negeri bagi warga Inggris lebih mahal.

Sebelumnya, orang berpikir jika rekreasi itu saatnya berfoya-foya, menjadi turis di negara orang, dan melupakan fakta bahwa kotanya sendiri pun memiliki banyak sudut menarik untuk dijelajahi, apalagi setelah tinggal beberapa lama (bahkan bertahun-tahun) di satu daerah. Hal ini sangat wajar - orang cenderung melupakan apa yang menarik di sekitar atau selalu berasumsi jika mereka bisa mengunjunginya lain waktu.

Padahal staycation memiliki banyak keuntungan. Ini jelas bisa menghemat uang lebih banyak; kamu tak perlu beli tiket pesawat (bolak-balik!), harga hotel yang mahal di lokasi wisata favorit, hingga biaya sewa kendaraan. Tidak mengunjungi tempat lain juga berarti kamu tak perlu mencoba makanan aneh yang bisa membuat sakit. Staycation juga bikin kamu tidak perlu merasakan beberapa hal tidak menyenangkan yang berhubungan dengan perjalanan wisata, seperti jetlag, badan pegal saat harus transit berjam-jam di bandara, perubahan cuaca ekstrem, hingga packing dan unpacking.

Hal Seru yang Bisa Dilakukan Saat Staycation

Beberapa hal seru ini bisa kamu lakukan saat ber-staycation-ria di kota sendiri:

1. Bersepeda keliling kota. Kalau kamu termasuk pecinta olahraga, opsi ini bisa dilakukan. Di akhir pekan saat car-free day mungkin jadi waktu yang tepat. Kalau tidak mau jauh-jauh, bersepeda keliling taman kota bersama keluarga juga bisa.
2. Piknik di taman. Ada banyak taman cantik di sekitar tempat tinggalmu. Yang perlu dilakukan hanyalah membuka mata dan melihat sekeliling. Kamu juga bisa mengajak beberapa teman atau anggota keluarga dan mengadakan potluck dengan membawa bekal makanan bervariasi.
3. Mengunjungi museum. Museum bukan berarti tempat yang membosankan untuk menghabiskan waktu staycation-mu. Di Jakarta saja ada lebih dari 50 museum, belum lagi di beberapa kota lain yang juga memiliki museum yang seru, seperti Museum Angkut di Malang.
4. Menikmati festival dan event seru. Banyak festival seru yang sedang dan akan berlangsung di Jakarta, Bandung, Bali, atau Jogja. Cek di internet festival apa saja yang akan diselenggarakan di kota kamu dan pergilah bersama teman-teman atau keluarga.
5. Rekreasi di taman bermain (amusement park) atau water park. Jakarta punya Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, atau Jungleland. Bandung dan Makassar punya Trans Studio, di Jogja ada Kids Fun, dan Malang punya Hawaii Waterpark Malang.
6. Pergi ke pantai di sekitar kota. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Itu artinya, kamu bisa menemukan banyak pantai. Di area Jakarta kamu pergi ke Pantai Anyer, di Jawa Barat ada Pantai Batu Karas, dan tentunya banyak pantai indah jika kamu tinggal di Bali.

Mendapatkan Quality Time Saat Staycation di Hotel atau Villa

Selain di rumah atau jalan-jalan keliling kota, kamu selalu punya opsi untuk menikmati staycation di hotel atau villa. Suasana berbeda dari rumah, tidak perlu memikirkan tentang pakaian atau piring kotor, dan sensasi rileks yang diciptakan bikin staycation di hotel jadi pilihan menarik. Suasana lebih akrab dan intim yang diciptakan saat staycation di hotel bersama sahabat juga memungkinkan kamu untuk berbicara lebih dalam mengenai apa yang sedang terjadi, saling membuka diri, dan pada akhirnya menciptakan quality time yang dibutuhkan dalam sebuah hubungan.

Selain itu, kamu bisa melakukan hal-hal seru ini saat staycation di hotel:

1. Pool party. Jauh dari pantai? Kamu bisa menggelar pesta kecil di samping kolam renang di hotel. Bawa swan pool float atau flamingo, boleh saja, asal jangan lupa untuk minta izin dulu dengan pihak hotel terkait demi kenyamanan bersama.
2. Movie marathon. Kamu selalu bisa mengadakan acara nonton film bersama sahabat, keluarga, atau orang terdekat. Jangan lupa camilan seperti popcorn atau kudapan lain. Bawa laptop dan mainkan Netlfix atau situs film favoritmu. Pastikan koneksi Wi-Fi kamar cukup kencang.
3. Pesan makanan dari luar dan makan bersama di kamar. Sesekali kamu boleh beristirahat sejenak dari memasak dan pesan makanan apapun yang kamu mau.
4. Bermain permainan seru di kamar. Main kartu Remi, UNO, meramal dengan kartu Tarot, hingga truth or dare di kamar hotel? Terdengar seru!
5. Pesta kostum. Entah itu pajamas party, ulang tahun teman, atau bachelor dan bachelorette party, pesta kostum di hotel selalu menyenangkan untuk dilakukan. Jangan lupa bawa properti dan kamera Polaroid biar makin heboh!

Trik untuk menikmati stayaction adalah menciptakan twist dari keseharian kamu dan membuatnya seakan seperti kamu sedang liburan. Kalau kamu suka wisata kuliner saat traveling, lakukan juga di kotamu saat staycation. Rileks, kalau perlu jangan bersih-bersih rumah, dan berlakulah seperti kamu sedang benar-benar liburan. Jangan lupa juga untuk menetapkan aturan seru saat staycation, seperti mematikan semua gadget sampai menetapkan dresscode.

Jika kamu memilih untuk ber-staycation di hotel atau villa, beberapa properti terbaik ZEN Rooms bisa kamu jadikan pilihan, entah kamu ada di Bali, Jogja, Jakarta, Bandung, atau Makassar sekalipun. Harganya yang murah, kamar bersih, koneksi Wi-Fi gratis yang super cepat bikin ZEN Rooms jadi pilihan yang tak bisa kamu tolak.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Staycation Bareng Keluarga dan Teman Jadi Makin Seru dengan Promo Diskon

Staycation Bareng Keluarga dan Teman Jadi Makin Seru dengan Promo Diskon

Ada tawaran diskon sampai 25% yang bisa kamu dapatkan, lho!

Baca Selengkapnya
9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

Buatlah momen liburan bersama ibu tercinta menjadi spesial dengan memilih destinasi yang pas untuk keduanya.

Baca Selengkapnya
Long Weekend di Depan Mata, Saatnya Staycation Bareng Keluarga

Long Weekend di Depan Mata, Saatnya Staycation Bareng Keluarga

Psst… Ada promo hotel yang sayang banget kalau dilewatkan lho!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Keluarga Ini Pilih Hidup Permanen di Hotel Mewah untuk Hemat Uang, kok Bisa?

Keluarga Ini Pilih Hidup Permanen di Hotel Mewah untuk Hemat Uang, kok Bisa?

Keluarga ini menilai tinggal di hotel lebih nyaman dan hemat

Baca Selengkapnya
9 Rekomendasi Kota di Luar Negeri yang Bagus untuk Rayakan Tahun Baru, Mana Impianmu?

9 Rekomendasi Kota di Luar Negeri yang Bagus untuk Rayakan Tahun Baru, Mana Impianmu?

Destinasi itu menjadi pengalaman hidup yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Baca Selengkapnya
7 Rekomendasi Tempat Liburan Murah di Bandung yang Tak Kalah Seru, Hemat Budget!

7 Rekomendasi Tempat Liburan Murah di Bandung yang Tak Kalah Seru, Hemat Budget!

Banyak tempat liburan murah di Bandung yang tetap seru untuk dikunjungi.

Baca Selengkapnya