Suhu dalam Pesawat Dibuat Sangat Dingin, Ini Penyebabnya

Jangan berpikir kamu diminta menyewa selimut.

Ahmad Baiquni
| 18 Februari 2019 11:11

Dream - Ketika berada di dalam pesawat yang sedang mengudara, suhu terasa sangat dingin. Bahkan lebih dingin dibandingkan AC dalam ruangan di gedung yang sudah diset dalam temperatur rendah.

Mungkin kamu mengira kondisi ini sengaja dibuat oleh kru. Alasannya, agar kamu menyewa selimut yang kecil, gatal, namun mahal.

Jika kamu berpikir demikian, segera hentikan. Ada alasan medis di balik dinginnya suhu di dalam pesawat.

 Selimut pesawat

Dikutip dari Reader's Digest, organisasi standarisasi dunia tentang pengujian dan material yang berbasis di Amerika Serikat, American Society for Testing and Materials (ASTM) International, melakukan penelitian untuk menguji korelasi antara penumpang pingsan saat terbang dengan suhu ruangan.

Mereka mendapat temuan orang cenderung mudah pingsan saat terbang karena kondisi medis yang disebut hipoksia. Tubuh akan pingsan akibat kekurangan asupan oksigen.

 Selimut pesawat

Tekanan udara dalam kabin pesawat dan suhu yang hangat dapat menimbulkan reaksi tubuh yang berbahaya. Hal ini umum terjadi di dalam pesawat.

Karena suhu tubuh setiap orang bervariasi, pihak maskapai selalu menyetel penyejuk udara atau AC pada sisi rendah agar aman. Kondisi ini tentu tidak nyaman bagi mereka yang tidak tahan dingin.

Akan lebih baik jika menggunakan lapisan tambahan untuk menutupi tubuh. Daripada jatuh pingsan karena dingin.

Topik Terkait :

Doa Malam Lailatul Qadar

Jangan Lewatkan