Destinasi Wisata Indonesia yang Populer di Internet

Survei ini didasarkan pada data hasil pencarian lewat mesin penelusuran Google periode Januari 2017 hingga Juli 2018.

Ahmad Baiquni
| 10 Oktober 2018 11:11

Kecenderungan Masyarakat

Menurut Zulfi, masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan untuk mencari informasi mengenai tujuan wisata sebelum memutuskan berlibur. Survei ini dihadirkan untuk membantu para pelaku bisnis perjalanan dalam mengenali perilaku konsumen

Diprediksi bisnis perjalanan dapat memberikan sumbangsih pada perekonomian nasional mencapai US$25 miliar, setara Rp382 triliun pada 2025. Selain itu, Indonesia juga bakal menjadi pasar terbesar industri traveling di Asia Tenggara.

Kota Malang

Kebun bunga di Kota Malang (Ngalam.co)

Survei ini juga mengungkapkan tren pertumbuhan traveler dari kota-kota kecil sebesar 48 persen dibanding kota besar yang hanya naik 18 persen.

Pada kesempatan yang sama, Vice President of Marketing Traveloka, Kurnia Rosyada, menyoroti pertumbuhan industri pariwisata Indonesia. Menurut dia, terdapat perubahan tren konsumsi pada masyarakat saat ini

"Kami melihat adanya perubahan tren pola konsumsi, di mana saat ini sebagian masyarakat Indonesia lebih gemar menghabiskan waktu dan pendapatannya untuk kebutuhan traveling (leisure economy)," kata Kurnia.

Dia memperkirakan pada 2018, pengeluaran untuk liburan tumbuh sebanyak 5,1 persen. "Mencapai Rp368,9 triliun," kata Kurnia.

Selanjutnya :

Destinasi Lain

Topik Terkait :

Belum Selesai, Pembangunan MRT Fase 2 Baru Dimulai

Jangan Lewatkan