Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tak Hanya Lezat, Sejarah Kuliner Idul Adha Ternyata Unik

Tak Hanya Lezat, Sejarah Kuliner Idul Adha Ternyata Unik Kuliner Idul Adha Khas Nusantara (Foto: Ratih Wulan/Dream.co.id)

Dream - Datangnya hari raya Idul Adha disambut sukacita oleh semua umat muslim. Tak hanya bagi mereka yang mampu menunaikan haji, namun kemeriahan berkumpul bersama keluarga menjadi momen yang terus ditunggu.

Begitu pula dengan mayoritas masyarakat Indonesia yang biasanya menantikan pembagian daging kurban. Nah, ternyata ada yang unik lho dari tradisi satu ini.

Menurut pengamat kuliner Arie Parikesit, sejarah kuliner Idul Adha di Indonesia banyak dipengaruhi budaya dari Timur Tengah. Hal ini berawal sejak abad ke 18-19 masehi, dimana banyak bangsa Arab dan India masuk ke Nusantara.

Kuliner Idul Adha

Akulturasi budaya berpengaruh pula pada cita rasa kuliner yang baru. Sehingga kehadiran olahan daging kambing dan domba mulai bisa diterima oleh lidah-lidah orang Indonesia.

"Sebelum mereka masuk ke Nusantara, orang-orang Indonesia tidak makan kambing. Tapi orang-orang Timur Tengah kan kebiasaannya makan kambing, makanya terbawa-bawa," terang Arie saat dijumpai di acara Bango Dorong Pelestarian Warisan Kuliner Nusantara.

Berabad kemudian orang-orang di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta mulai banyak yang berinovasi untuk meracik hidangan dari daging kambing. Terutama daerah-daerah yang banyak dihuni keturunan Arab dan India biasanya akan menghasilkan kambing-kambing dengan kualitas baik.

kuliner idul adha

"Warga lokal akhirnya mulai nyoba ngolah daging kambing. Kreasi pertama yang dihasilkan yaitu sate kambing," imbuhnya pada Selasa, 30 Agustus 2016 di Cikini, Jakarta Pusat.

Pada saat itu, hidangan sate biasanya hanya memanfaatkan daging dan bagian hatinya saja. Sedangkan jeroan dan tulang-tulangnya menginspirasi orang-orang untuk membuat kreasi menu baru berupa gule atau gulai yang diracik dari rempah-rempah asli Indonesia yang dicampur dengan santan.

Menurut Arie, kedua makanan ini kerap disajikan bersamaan karena hadir saling melengkapi. Lama setelah itu, orang-orang di Jawa bagian Selatan kembali berinovasi setelah muncul pabrik-pabrik gula pasir dan gula merah. Apalagi setelah kehadiran pabrik kecap yang membuat mereka semakin kreatif dalam mencampur-campurkan bahan sehingga terhidang menu lezat yaitu tongseng.

kuliner idul adha

"Tongseng hadir dari racikan kedua komponen bumbu sate dan gulai, dan biar lebih segar ditambahin irisan tomat dan kubis," imbuh Arie.

Tak sekadar memberi warna baru pada sejarah kuliner di Indonesia, ternyata kehadiran tongseng ini juga berhasil mengubah peta perekonomian masyarakat di Jawa Tengah.

Seperti di Boyolali Jawa Tengah yang dulunya masyarakatnya hanya bermata pencaharian sebagai petani kemudian banyak yang beralih profesi sebagai penjual sate dan tongseng untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka.

"Cikal bakal hidangan tongseng dipercaya berasal dari Kecamatan Klego, Boyolali. Bahkan dalam satu kampung hampir semuanya berdagang sate dan tongseng sampai mereka mendirikan monumen sate tongseng sebagai lambang kebanggaan mereka," tutupnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Tradisi Malam Takbir Menyambut Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

5 Tradisi Malam Takbir Menyambut Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

Dengan segala kekayaan suku, daerah, dan budaya, tradisi malam takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri menjadi bagian penting dari perayaan hari kemenangan.

Baca Selengkapnya
Sejarah dan Asal Kata Mudik, Maknanya Tak Sekadar Tradisi Pulang Kampung Jelang Lebaran

Sejarah dan Asal Kata Mudik, Maknanya Tak Sekadar Tradisi Pulang Kampung Jelang Lebaran

Selain memperkuat ikatan keluarga, mudik juga sarana untuk menjaga kebersamaan dan mengenang asal-usul masyarakat kita.

Baca Selengkapnya
Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Ramadan di Indonesia biasanya juga merayakan kekayaan budaya dan tradisi yang beragam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Tren Inovasi Kuliner Indonesia yang Akan Mendominasi di 2024

3 Tren Inovasi Kuliner Indonesia yang Akan Mendominasi di 2024

Tren kuliner lokal terbagi menjadi 3 kategori. Kuliner yang menjadi favorit pun tidak selamanya memiliki cita rasa tradisional.

Baca Selengkapnya
5 Cara Redakan Begah Setelah Makan Banyak Saat Jamuan Idul Fitri

5 Cara Redakan Begah Setelah Makan Banyak Saat Jamuan Idul Fitri

Kondisi perut begah pastinya sangat tidak nyaman dan menyiksa, cari tahu cara meredakannya.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Outfit Ke Konser Ala IU

DRESS IT! Outfit Ke Konser Ala IU

Sahabat Dream, referensi kali cocok banget nih buat kalian yang suka nonton konser. Kali ini bisa jadi referensi buat nonton Coldplay.

Baca Selengkapnya