Tak Lagi Bebas, Waktu Berkunjung ke Borobudur Bakal Dibatasi

Disamping limitasi waktu kunjungan, pihak pengelola nantinya berencana memasang teknologi canggih dan terbaru yang secara online dapat mengawasi gerak-gerik....

Puri Yuanita
| 23 Januari 2017 10:15

Dream - Buat yang berencana jalan-jalan ke Candi Borobudur, ada kabar terbaru nih. Mulai tahun 2017 ini, pengelola Candi Borobudur telah mengeluarkan pemberitahuan mengenai pembatasan waktu kunjungan wisatawan ke Borobudur.

Hal tersebut dilakukan demi menjaga dan mempertahankan kelestarian candi peninggalan Dinasti Syailendra itu.

" Kami tak membatasi jumlah wisatawan namun cuma limitasi waktu kunjungan, kira-kira 30-40 menit di atas candi. Ini menjadi bagian dari strategi konservasi Candi Borobudur," terang Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edi Setijono.

Disamping limitasi waktu kunjungan, pihak pengelola nantinya berencana memasang teknologi canggih dan terbaru yang secara online dapat mengawasi gerak-gerik dan aktivitas para wisatawan saat berkunjung ke atas candi.

Teknologi tersebut nantinya bakal dipasang di beberapa titik yang terdapat pada dinding Candi Borobudur dengan bentuk seperti chip. Selain itu, nantinya para pengunjung yang ingin menikmati tempat wisata candi dapat dengan mudah mengakses lewat aplikasi mobile yang terintegrasi dengan ponsel android.

Jadi, ketika wisatawan masuk kawasan Candi Borobudur dan mengaktifkan aplikasi tersebut, mereka akan mengetahui posisinya sedang ada dimana. Aplikasi ini rencananya akan dilengkapi layanan dalam 27 bahasa.

Nah, untuk saat ini segala rencana pembaruan di kawasan wisata Candi Borobudur itu masih dalam proses pengkajian. Kita doakan saja ya semoga segera terealisasi.

(Sumber: blog.reservasi.com)  

Topik Terkait :

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'

Jangan Lewatkan