Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Taman Nasional Ijen Diusulkan Jadi Geopark UNESCO

Taman Nasional Ijen Diusulkan Jadi Geopark UNESCO Kawah Ijen (Shutterstock.com)

Dream - Taman Nasional Ijen resmi diusulkan Pemerintah Pusat menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG). Usul ini diajukan oleh Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersyukur atas dukungan Pemerintah Pusat. Dia juga menyampaikan terima kasih terhadap semua pihak yang turut mendukung pengusulan Ijen menjadi geopark dunia.

"Kami sudah berkomunikasi dengan KNIU. Surat sudah dikirimkan ke Sekretariat International Geoscience and Geoparks Programme (IGGP) UNESCO di Paris. Terima kasih kepada Gubernur Jatim Ibu Khofifah Indar Parawansa dan jajaran Kemendikbud yang telah mendorong dan membantu kami menyiapkan semua ini," ujar Anas, dikutip dari Liputan6.com.

Jika masuk dalam jaringan Global Geopark, maka UNESCO akan mempromosikan Banyuwangi sebagai bagian dari jaringan taman alam dunia. Itu akan meningkatkan posisi Banyuwangi di mata dunia sebagai destinasi kaya akan pesona alam dan berdampak pada peningkatan keterlibatan masyarakat.

Ijen

Blue fire kawah Ijen (Shutterstock.com)

"Sejumlah bukti telah menunjukkan, setelah masuk UGG, jumlah orang yang ingin datang semakin besar, termasuk dari kalangan internasional. Tentu ujungnya adalah menggerakkan ekonomi lokal, terus membuka lapangan pekerjaan melalui sektor-sektor turunan yang tumbuh, seperti olahan pangan, UMKM, seni pertunjukan, jasa transportasi, dan sebagainya," kata Anas.

Anas mengatakan pihaknya terus memenuhi persyaratan administrasi agar Ijen bisa menjadi global geopark. Termasuk penyiapan dokumen ilmiah mengenai potensi yang terkandung di kawasan Ijen.

"Kami juga berterima kasih khususnya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang terus mendorong Banyuwangi menjadi kawasan geopark sejak 2018," ucap Anas.

Ijen

Kawah Ijen (Shutterstock.com)

Ketua Harian KNIU Kemendikbud, Arief Rachman, pihaknya segera memfasilitasi Banyuwangi untuk menyelesaikan proses administrasi dokumen yang disyaratkan UGG. "Kami akan bantu siapkan ini," ucap Arief.

Selanjutnya, Arief mengapresiasi langkah Banyuwangi dalam membangun pariwisata dengan menerapkan sustainable tourism. Sehingga tidak melulu mengejar finansial namun turut terlibat dalam pelestarian alam.

"Kami berpesan agar fasilitas fisik yang akan dibangun terkait geopark jangan sampai merusak keaslian geopark, karena UNESCO sangat memperhatikan keaslian geopark," kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Isi Hati Karyawan

NOTED KAK! Isi Hati Karyawan

Sahabat Dream termasuk tipe orang yang suka mengeluh nggak sih kalau diberi pekerjaan? Kalau adam coba komentar dan share pengalaman kalian.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Saat Panggilan Alam Tiba!

NOTED KAK! Saat Panggilan Alam Tiba!

Sahabat Dream Pernah gak sih mood bikin konten lagi bagus tiba-tiba `panggilan alam` datang. Auto menghilang deh.

Baca Selengkapnya