Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tanggapi Covid-19, Perusahaan Maskapai Usulkan Inovasi Perombakan Kursi Pesawat

Tanggapi Covid-19, Perusahaan Maskapai Usulkan Inovasi Perombakan Kursi Pesawat Ilustrasi Perombakan Kursi Pesawat Menanggapi Covid-19 (Foto: Aviointeriors/CNN)

Dream – Pandemi Covid-19 membuat munculnya berbagai macam konsep baru untuk tempat duduk maskapai penerbangan.

Covid-19 berimbas pada upaya perombakan kursi pesawat. Pembatas kaca plexiglass antar penumpang dipasang, tata letak baris dirombak, tempat duduk diatur secara zig-zag dilakukan sebagai respon terhadap Covid-19.

Selain itu, masker, hand sanitizer dan tisu disinfektan menjadi peralatan wajib yang dimiliki maskapai penerbangan. Pemahaman ilmiah dan medis tentang bagaimana virus corona ini bisa ditularkan melalui droplet, maka diperlukan sebuah penghalang untuk mencegah percikan droplet tersebut.

Meskipun berada di dalam kabin pesawat, namun tingkat risiko penularan yang jauh lebih rendah daripada di dalam ruangan biasa.

“Alasan rendahnya tingkat transmisi dalam pesawat masih belum diketahui. Mungkin dari sedikitnya kontak tatap muka, dan penghalang fisik yang disediakan oleh sandaran kursi, serta karakteristik aliran udara di kabin pesawat,” ucap Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) seperti dikutip CNN.

Kerumitan Modifikasi Tempat Duduk Pesawat

Berbagai inovasi pengaturan tempat duduk pesawat banyak diusulkan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu juga untuk meyakinkan penumpang bahwa maskapai penerbangan yang dipakai aman.

Semestinya harus ada penghalang transparan di antara sandaran kursi. Perusahaan pemasok interior kabin di seluruh dunia bergegas menyiapkan kebutuhan maskapai dalam melakukan perombakan tempat duduk pesawat.

Ada perusahaan yang mengusulkan cara baru mengatur kursi kabin menggunakan kursi Janus dari Aviointeriors, di mana penumpang menghadap dengan arah yang saling berkebalikan. Kemudian penghalang yang diusulkan dipasang dalam berbagai cara di kursi penumpang. Penghalang tersebut akan melindungi penumpang saat bersin.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan interior kabin pesawat untuk menanggapi pandemi Covid-19.

“Sertifikasi menjadi tantangan terbesar. Saat kita menambahkan setiap fitur interior pesawat, maka seluruh jok (tempat duduk) harus disertifikasi ulang. Ini bukan proses yang mudah, tetapi fokus kami adalah menciptakan solusi yang tahan lama,” kata Mark Hiller, CEO Racaro Aircraft Seating.

Ia mengusulkan sejumlah penambahan gaya penghalang, serta tekonologi antimikroba untuk disematkan pada bahan jok selama proses pembuatan. Tentu saja prosesnya lebih rumit daripada hanya sekedar menempatkan kaca plexiglass di supermarket antara kasir dan pembeli.

Kendala Biaya dan Waktu

Selain kerumitan dalam proses pembuatan jok pesawat, kendala utama lainnya adalah menyangkut biaya dan waktu.

Maskapai juga harus mempertimbangkan perombakan kabin pesawat ini bisa bertahan lama dan tidak cepat rusak. Selam bertahun-tahun kabin pesawat telah dirancang an disempurnakan agar sangat kokoh. Hal ini harus lewat pembuktian yang memerlukan waktu lama.

Setiap tambahan baik sementara maupun permanen perlu dibersihkan dan diservis secara teratur. Waktu pembersihan maskapai juga akan menciptakan kerumitan dan biaya yang banyak. Maskapai penerbangan juga perlu menyimpan stok suku cadangan di seluruh operasi mereka.

Biaya untuk perombakan dan perawatan secara keseluruhan tentu menjadi faktor utama, karena maskapai penerbangan di seluruh dunia sedang dilanda krisis ekonomi.

“Kami menyadari fakta bahwa maskapai penerbangan sedang krisis, jadi kami harus membuktikan bahwa solusi ini benar-benar akan memberikan ketenangan pikiran bagi penumpang yang mana bisa menghasilkan keuntungan,” kata Mark Hiller dari Recaro.

Sejauh ini Recaro belum menerima usulan untuk modifikasi kursi pesawat era Covid-19. Pengaturan waktu merupakan hal yang bertentangan dengan penerapan banyak tindakan ini, baik perkiraan waktu ketersediaan vaksin yang tersebar luas hingga pertengahan tahun 2021, dan waktu untuk merancang, mensertifikasi hasil rancangan, memproduksi, hingga memasang kursi baru atau penambahan penghalang.

Intinya hanya ada sedikit manfaat dalam menyelesaikan program yang memerlukan biaya mahal ini hanya beberapa bulan sebelum vaksinasi. (Beq)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Maskapai Penerbangan Ini Sediakan Mushola di Dalam Pesawat, Bisa Sholat di Atas Ketinggian 30 Ribu Kaki

Maskapai Penerbangan Ini Sediakan Mushola di Dalam Pesawat, Bisa Sholat di Atas Ketinggian 30 Ribu Kaki

Penampakan musala dalam pesawat, tampak nyaman dan cukup luas.

Baca Selengkapnya
Pengelola Bandara Ungkap Kursi Pesawat Terbaik Sesuai Kebutuhan Penumpang

Pengelola Bandara Ungkap Kursi Pesawat Terbaik Sesuai Kebutuhan Penumpang

Tips memilih kursi pesawat agar penerbangan nyaman

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

PT KAI juga mengingatkan penumpang untuk menjaga kebersihan

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Viral Wanita Diusir dari Pesawat karena Tubuhnya Terus Berkeringat

Viral Wanita Diusir dari Pesawat karena Tubuhnya Terus Berkeringat

Wanita ini kesal sebut alasan maskapai penerbangan tidak masuk akal

Baca Selengkapnya
Harga Tiket Pesawat Turun Selama Ramadan 2024, Biaya Perawatan Pribadi Malah Naik

Harga Tiket Pesawat Turun Selama Ramadan 2024, Biaya Perawatan Pribadi Malah Naik

Tarif angkutan udara mengalami deflasi pada Maret 2024 sebesar 0,97 persen menjelang musim mudik Lebaran 2024.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! POV Kerja Hari Pertama

NOTED KAK! POV Kerja Hari Pertama

Sahabat Dream, kalian ada gak yang vermak CV biar diterima kerja? Nah, begini jadinya jika kamu berlebihan menulis profil.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

Kalian pernah gak sih melihat video viral dan jadi terngiang-ngiang terus? Setiap mau makan selalu muncul, bikin bete gak sih sahabat dream?

Baca Selengkapnya