Scoot Tambah 16 Armada Airbus A321neo

Koleksi pesawat Airbus milik Scoot akan bertambah.

Ahmad Baiquni
| 1 Agustus 2019 12:04

Dream - Maskapai penerbangan berbiaya murah asal Singapura, Scoot, menargetkan pertumbuhan double digit untuk tahun-tahun ke depan. Untuk mewujudkan target tersebut, Scoot menambah jumlah armadanya dengan 16 unit Airbus A3210neo.

" Pesawat A321neo akan membuka peluang baru terhadap rencana pengembangan jaringan kami untuk tahun 2020 dan seterusnya, oleh karena itu kami menamai pesawat pertama 'Wings of Change'," ujar CEO Scoot, Lee Lik Hsin, melalui keterangan tertulis diterima Dream.

Pesawat pertama dari 16 unit tersebut akan tiba pada kuartal empat 2020. Pesawat yang diberi nama Wings of Change ini akan melayari rute-rute penerbangan kurang dari enam jam.

16 unit pesawat itu didatangkan melalui dua skema. 6 unit Airbus A321neo merupakan upgrade dari pesanan sebelumnya yaitu A320neo, sedangkan 10 sisanya menggunakan skema sewa.

 Scoot

" Penumpang akan disambut oleh interior kabin yang baru dan produk-produk yang sudah mereka kenal. Kami berharap penambahan pesawat baru ke armada Scoot akan membuat penumpang sama antusiasnya dengan kami," kata Lee.

A321neo ditenagai mesin Pratt & Whitney akan dikirim dari pabrik perakitan Airbus. Pesawat lorong tunggal (single-aisle) tersebut memiliki kapasitas 236 kursi, lebih banyak 50 kursi dari pendahulunya, A320neo.

Dengan ujung sayap (sharklet) A321neo yang telah disempurnakan, mesin yang hemat bahan bakar, dan inovasi kabin terbaru di pesawat lorong tunggal terbesar saat ini, biaya bahan bakar diestimasikan lebih hemat 12 persen dibanding A320neo dan 20 persen dibanding A320ceo.

Dari segi keramahan lingkungan, diharapkan ada pengurangan kebisingan dan emisi nitrogen oksida sebanyak 50 persen, serta pengurangan 5 ribu ton emisi karbon dioksida per pesawat per tahun.

Topik Terkait :

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary

Jangan Lewatkan