Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Terowongan Terpanjang, Dibangun 17 Tahun dan Tembus Gunung

Terowongan Terpanjang, Dibangun 17 Tahun dan Tembus Gunung (Foto: AlpTransit Gotthard)

Dream - Setelah memakan waktu pengerjaan 17 tahun, akhirnya terowongan kereta api terpanjang di dunia akan dibuka dalam waktu dekat. Dibangun di Swiss, terowongan sepanjang 35,4 mil ini memiliki konstruksi luar biasa bahkan memotong Pegunungan Alpen.

Terowongan ini diberi nama Gotthard Base Tunnel (GBT). Sketsa tentang GBT telah dibuat sejak tahun 1947. Tetapi pembangunan baru mulai direalisasikan 17 tahun lalu.

Terowongan ini terdiri dari dua jaur tunggal yang menghubungkan wilayah Erstfeld (Uri) dengan Bodio (Ticino), melewati bawah wilayah Sedrun (Graubunden).

Ujicoba terowongan akan dimulai pada Rabu, 1 Juni 2016 mendatang. Diharapkan kereta api sudah dapat melewati terowongan ini pada Desember.

Pembangunan terowongan ini memakan anggaran hingga US$ 12 miliar. Sebanyak 28,2 juta ton batu gunung telah digali dalam proses pengerjaan konstruksi. Dengan adanya terowongan ini, jarak antara kota-kota penting di Eropa seperti Milan dan Zurich seolah menjadi sangat dekat.

Komisioner EU Transport, Violeta Bulc kepada media Swiss mengatakan, Gotthard Base Tunnel akan menjadi jaringan penghubung paling penting di Eropa. Adanya terowongan ini akan membuat perjalanan dari utara selatan atau sebaliknya menjadi mudah dijangkau. Di samping itu, GBT akan mengurangi tingkat polusi udara dan mendorong pertumbuhan Eropa.

Diagendakan, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Prancis Francois Hollande dan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi, bersama para pejabat Swiss akan menghadiri pembukaan GBT pekan depan.

(Sumber: dailymail.co.uk)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cerita Warga Geleng Kepala Saksikan Pembangunan IKN bak Cerita Roro Jonggrang:
Cerita Warga Geleng Kepala Saksikan Pembangunan IKN bak Cerita Roro Jonggrang: "Jujur, Nggak Masuk Akal"

Daerah yang tadinya masih berupa hutan dengan penuh pepohonan disulap menjadi penuh kerangka bangunan dalam waktu setahun saja.

Baca Selengkapnya
Pengusaha Tak Terima Warteg Dilarang di IKN karena Bisa Bikin Kumuh
Pengusaha Tak Terima Warteg Dilarang di IKN karena Bisa Bikin Kumuh

Usaha warteg dilarang di sekitar proyek IKN Nusantara karena alasan kebersihan

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja
DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

Terdengar simple, cara membuat melipat lengan kemeja agar terlihat ternyata ada trik lho Sahaba Dream. Nah sekarang kamu bisa simak video berikut.

Baca Selengkapnya