Terlanjur Beli Tiket Kereta Untuk Anak Bawah 12 Tahun, Begini Membatalkannya

Meski sudah dilonggarkan, anak usia di bawah 12 tahun belum diperkenankan naik kereta.

Ahmad Baiquni
| 3 September 2021 18:45

Dream - Pemerintah memang sudah melonggarkan sejumlah ketentuan selama perpanjangan PPKM. Tetapi, tidak semua hal kini jadi bebas, ya.

Misalnya saja ketika ingin naik kereta jarak jauh. Sampai saat ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih memberlakukan larangan bagi calon penumpang usia di bawah 12 tahun.

Humas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, menyatakan pihaknya masih menerapkan aturan yang mengacu pada Surat Edaran Kemenhub Nomor 58 Tahun 2021 dan SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19. Dalam aturan tersebut, anak usia di bawah 12 tahun tidak diperkenankan melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

" Bagi calon penumpang anak di bawah 12 tahun yang telah memiliki tiket akan dikembalikan bea tiket secara penuh," ujar Eva melalui keterangan tertulis.

Selain itu, persyaratan perjalanan dengan kereta jarak jauh juga tidak mengalami perubahan. Syarat ini berlaku untuk penumpang usia 12 tahun ke atas.

Bagi penumpang yang akan naik kereta jarak jauh, terang Eva, diharuskan menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama. Untuk calon penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat divaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan belum dan/atau tidak dapat menerima vaksinasi.

Tak hanya itu, calon penumpang diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam. Bisa juga dengan menunjukkan Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Selanjutnya :

Ini Cara Pembatalannya

Topik Terkait :

1_Detik-Detik Ketua Dewan Pertimbangan MUI Meninggal Dunia Saat Rapat-_1 - DreamID

Jangan Lewatkan