Thailand Berlakukan Pelonggaran Untuk Traveler dari 56 Negara

Para wisatawan tetap diharuskan menjalani karantina 14 hari sebelum berwisata.

Ahmad Baiquni
| 20 Desember 2020 13:10

Dream - Thailand memberlakukan pelonggaran pembatasan untuk perjalanan wisata bagi traveler dari 56 negara. Tetapi tetap memberlakukan karantina selama 14 hari.

Juru Bicara Pusat Administrasi Situasi Covid-19 Thailand, Taweesilp Visanuyothin, mengatakan pelonggaran ini berlaku untuk negara yang warganya tidak memerlukan visa masuk ke Thailand. Di antaranya Austalia, Amerika Serikat dan Prancis.

Meski begitu, mereka diharuskan menunjukkan sertifikat kesehatan yang menyatakan bebas Covid-19 selama 72 jam sebelum perjalanan. Selain itu, juga menunjukkan bukti reservasi terkonfirmasi di hotel karantina.

Pelonggaran ini diterapkan di sisi dokumen agar wisatawan tak kesulitan sehingga mereka berniat datang ke Thailand. Meski begitu, karantina 14 hari dan biayanya masih menjadi kendala.

Selama karantina, para wisatawan akan menjalani tiga kali tes Covid-19. Tes ini untuk menentukan masa karantina apakah bisa dikurangi menjadi 10 hari atau tidak.

Sebelumnya, kedatangan di karantina akan diuji dua kali. Uji pertama dijalankan sekitar tiga hingga lima hari setelah kedatangan dan yang kedua kali satu hingga tiga hari sebelum berangkat.

Kebijakan untuk tes tiga kali diberlakukan hingga akhir tahun. Pemerintah setempat berencana untuk menganalisis hasil untuk memutuskan apakah karantina dapat dikurangi menjadi 10 hari.

Analisis akan dimulai pada 1 Januari 2020. Diharapkan otoritas kesehatan menetapkan kesimpulan pada 15 Januari 2021.

Karantina wajib 14 hari saat ini berdampak parah pada industri pariwisata yang sudah lumpuh dan pejabat berharap pengurangan dapat mendorong lebih banyak pengunjung. Namun, Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul mengatakan pelonggaran apa pun hanya akan berlaku untuk orang yang datang dari negara yang dianggap aman dari Covid-19.

Sumber: Liputan6.com

Topik Terkait :

Ini Layanan Internet 5G Pertama di Indonesia

Jangan Lewatkan