Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tiga Kereta Kembali Beroperasi Layani Perjalanan Wilayah Aglomerasi

Tiga Kereta Kembali Beroperasi Layani Perjalanan Wilayah Aglomerasi Stasiun Cikarang (KAI)

Dream - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi I kembali mengoperasikan tiga kereta lokal untuk melayani perjalanan di wilayah aglomerasi. Tiga kereta yaitu KA Walahar (relasi Cikarang-Purwakarta PP), KA Jatiluhur (Cikampek-Cikarang PP) dan KA Siliwangi (Sukabumi-Cipatat) mengantarkan kembali penumpang setelah sempat dihentikan di masa PPKM.

Humas KAI Daop I, Eva Chairunisa, mengatakan tiga kereta tersebut mulai beroperasi kembali terhitung sejak 22 September 2021. Pengoperasian tersebut diiringi dengan penerapan protokol kesehatan ketat yang harus dijalankan oleh para penumpang.

"Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pelanggan KA Lokal Walahar, Jatiluhur dan Siliwangi yang akan melakukan perjalanan yakni wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang terdapat data vaksin minimal dosis pertama," ujar Eva.

Eva menerangkan petugas boarding akan memeriksa bukti vaksinasi melalui layar komputer sebelum penumpang naik kereta. Data vaksinasi akan muncul di layar komputer karena KAI telah mengintegrasikan PeduliLindungi dengan sistem boarding.

"Jika data tidak muncul pada layar komputer petugas, maka pemeriksaan akan dilakukan secara manual dengan menunjukkan kartu vaksin calon pelanggan," kata dia.

 

Tarif dan Syaratnya

Pada pengoperasian kali ini, KA Walahar hanya melayani relasi Cikarang-Purwakarta pulang pergi. Sebelum pandemi, kereta ini melayani relasi Stasiun Tanjung Priok-Purwakarta PP.

Sedangkan dua kereta lainnya tetap melayani rute yang sama. Terkait tarif tiket, ketiga kereta ini tetap menyediakan harga yang terjangkau.

Tiket KA Walahar dapat diakses dengan tarif Rp4.000. KA Lokal Jatiluhur memiliki relasi Stasiun Cikampek-Cikarang dengan tarif Rp3.000, dan KA Siliwangi relasi Sukabumi-Cipatat tarifnya Rp5.000.

Bagi penumpang yang ingin memanfaatkan kereta ini untuk bepergian, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut yaitu:

- Sudah divaksin minimal dosis pertama,
- Menunjukkan bukti vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi
- Menunjukkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah bagi penumpang yang tidak atau belum dapat divaksin karena kondisi tertentu,
- Anak usia 12 tahun ke bawah untuk sementara belum dibolehkan melakukan perjalanan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Canggihnya Kereta Listrik IKN Akan Jalan Tanpa Rel, Bisa Tampung 324 Orang

Canggihnya Kereta Listrik IKN Akan Jalan Tanpa Rel, Bisa Tampung 324 Orang

Kereta ini akan berjalan tanpa rel dI Ibu Kota Nusantara (IKN)

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.