Tim Ilmuwan Saudi Dokumentasikan Rute Hijrah Rasulullah Muhammad SAW

Mereka menempuh perjalanan selama 8 hari dengan berjalan kaki dan mengendarai onta, menghadapi medan serta kondisi yang sulit.

Ahmad Baiquni
| 13 Mei 2021 13:10

Dream - Ilmuwan sejarah dan pemerhati lingkungan Arab Saudi menggelar ekspedisi fenomenal menyusuri rute hijrah Rasulullah Muhammad SAW. Rute tersebut dilalui Rasulullah saat berusaha menghindari kejaran dan kekerasan Suku Quraisy sekitar 1400 tahun lalu.

Dengan berjalan kaki dan naik onta, tim ilmuwan ini membutuhkan waktu sekitar delapan hari. Tim tersebut terdiri dari sejarawan Abdulhafaiz Al-Graiqri, arsitek dan perencana kota Amro Darwish, peneliti Dr. Samir Barqah dan ahli lingkungan Hassan Abdulshakoor.

Perjalanan mereka dimulai dari Goa Tsur yang bersejarah, gua di Bukit Tsur di Mekah, tempat Rasulullah dan sahabat terdekatnya, Abu Bakar bersembunyi dari kejaran Suku Quraisy. Mereka menempuh jarak sekitar 500 km, termasuk berkemah semalam, serta menghadapi kondisi yang sulit dan berbahaya.

Al-Graiqri mengatakan dokumentasi migrasi nabi merupakan puncak dari penelitian selama beberapa tahun. Ekspedisi ini didorong oleh keinginan untuk menentukan setepat mungkin jalur hijrah.

" Dalam perjalanan studi ini kami telah melakukan puluhan ekspedisi lapangan, pendataan, pencatatan koordinat GPS dan GIS, identifikasi landmark, dan penghitungan jarak," ujar Al-Graiqri.

 

Selanjutnya :

Medan yang Sulit

Topik Terkait :

5 Artis Bumil yang Dapat Nyinyiran Pedas dari Netizen

Jangan Lewatkan