Tips Memilih Travel Umroh Agar Tak Tertipu

Jika jemaah ragu dengan tawaran agen umroh, ada baiknya segera melapor ke Kemenag.

Muhammad Ilman Nafi'an
| 28 Maret 2018 21:20

Dream - Masyarakat saat ini resah karena munculnya beberapa agen umroh atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) bermasalah. Beberapa biro travel semisal First Travel dan Abu Tours telah merugikan jemaah lebih dari Rp1 triliun.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Nizar Ali mengatakan untuk menghindari penipuan, masyarakat sebaiknya memilih agen umroh yang memiliki berizin resmi dari Kementerian Agama (Kemenag).

" Untuk mengetahui izinnya, bisa dicek di website Kemenag atau tanyakan ke kantor Kemenag di kabupaten atau kota setempat," ujar Nizar, Rabu 28 Maret 2018.

Nizar mengatakan harga paket yang disediakan PPIU biasanya berkisar dengan harga sebesar Rp20 juta atau lebih.

Selain itu, kata Nizar, jemaah yang sudah mendaftar diminta untuk memastikan mendapat nomor registrasi umroh. Sehingga, dapat dipantau jadwal keberangkatan.

" Pastikan paket yang ditawarkan sesuai standar pelayanan minimal yang meliputi bimbingan ibadah, transportasi, akomodasi dan konsumsi, kesehatan, perlindungan jamaah, serta perlindungan jamaah," ucap dia.

Nizar menuturkan apabila masyarakat menemukan kecurigaan adanya indikasi travel umroh itu bermasalah, segera melapor ke Kemenag pusat atau ke kantor wilayah masing-masing.

Topik Terkait :

4 sosok Kartini modern yang inspiratif

Jangan Lewatkan