Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tips Traveling Aman dan Tetap Seru di Tengah Pandemi Covid-19

Tips Traveling Aman dan Tetap Seru di Tengah Pandemi Covid-19 Source: Shutterstock.com

Dream - Mulai bosan menghabiskan waktu di rumah selama pandemi, sebagian orang ada yang memutuskan untuk liburan. Ada yang keluar kota, tidak sedikit pula yang staycation. 

Tentu, kondisi saat ini tidaklah sepenuhnya aman. Potensi penularan Covid-19 masih saja ada dan cukup berbahaya. 

Dokter sekaligus pengusaha, Ivan Adrian, mengatakan sering ditemukan orang yang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Seperti mengenakan masker pada dagu.

"Sering ditemukan masker dagu atau masker di bawah hidung. Itu sangat berbahaya. Maskernya bisa terkontaminasi dan terpapar virus yang bisa berpindah ke badan," ujar Ivan diskusi virtual 'Menerapkan Protokol Kesehatan Menjelang Liburan Akhir Tahun' di kanal Youtube BNPB Indonesia, Selasa 15 Desember 2020.

Oleh karena itu, protokol kesehatan harus terus diterapkan. Mulai dari penegasan pemakaian masker yang benar, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak dan menghindari keramaian.

Terlepas dari semua itu, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang untuk meminimalisir risiko penularan saat liburan.

Cara memakai masker yang benar

Salah satunya adalah mengetahui pemakaian masker yang benar dan cara melepaskannya. Jika masker sudah menutupi hidung, mulut dan dagu, berarti kamu sudah memakainya dengan benar.

Memakai Masker

Tapi jika masih harus menyentuh bagian depan masker ketika melepaskannya, hal inilah yang akan meningkatkan risiko penularan. Apalagi, jika ingin menggunakan maskernya kembali.

"Ini adalah hal kecil yang sering terlupakan. Cara buka masker itu ditarik tali yang ada di belakang telinga. Jangan dari depan karena di situ terdapat filter. Jadi, jangan disentuh," kata Ivan.

Melakukan transaksi non tunai

"Saat libur, kita banyak menyentuh ATM dan cash. Jadi, kalau bisa cashless. Pakai aplikasi serba digital yang bisa mengamankan kita dan orang lain".

Memesan tiket perjalanan atau penginapan melalui aplikasi
Memesan Tiket Perjalanan Secara Online
Banyak agen perjalanan yang telah mengandalkan situs resmi atau aplikasi untuk mempermudah seseorang memesan tiket maupun penginapan.

Selain tidak perlu keluar rumah, hal ini juga bisa meminimalisir kontak untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Melakukan road trip

Melakukan Road Trip
Jika biasanya jasa travel menyediakan paket group trip, kini beberapa di antaranya telah mengubah hal tersebut menjadi road trip.

"Jadi, pakai kendaraan masing-masing dan tidak digabung dengan orang yang tidak dikenal. Lalu, berkumpul di tujuan wisata yang memudahkan physical distancing," ujar Anton Thedy, Pengusaha Travel.

Kapasitas mobil juga perlu dikurangi 50 persen untuk menghindari paparan droplet. Sering membuka kaca mobil selama perjalanan juga akan membantu mencegah penularan.

Memilih tempat terbuka dan menghindari keramaian

Berlibur ke Pantai
Pilihlah objek wisata terbuka seperti pantai atau gunung. Jika ingin mengunjungi objek wisata tertutup atau di dalam ruangan, cukup hindari kerumunan, hadir lebih awal atau meminimalisir waktu kunjungan.

Melakukan PCR test

Sangat penting untuk melakukan PCR test sebelum dan sesudah berlibur. Hal ini tidak hanya dapat memastikan kondisimu, tapi juga memudahkan pencarian mata rantai.

"Banyak yang lari waktu diminta swab dan takut. Padahal saat liburan, kita nggak tahu di samping kita siapa, positif (Covid-19) atau nggak. Kalau dia orang tanpa gejala (OTG), berbahaya sekali," imbuh Ivan.

Melakukan isolasi mandiri setelah berlibur

Beraktivitas di Rumah
Lakukan isolasi mandiri selama 2 minggu setelah berlibur untuk memastikan kondisimu benar-benar sehat ketika harus beraktivitas di luar ruangan.

Bahkan walaupun merasa sehat, bisa saja kamu membawa virus Covid-19 tanpa gejala. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap melakukan isolasi mandiri selama 2 minggu setelah berlibur.

Minum air cukup dan mengonsumsi makanan bergizi

Terlepas dari semua upaya tersebut, sangat penting untuk minum air cukup dan memenuhi konsumsi makronutrien maupun mikronutrien.

Berlibur dapat menguras energi dan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Konsumsi makanan bergizi, minum air cukup, berolahraga serta minum suplemen bila perlu agar daya tahan tubuhmu tetap kuat untuk mencegah paparan virus Covid-19.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Beberapa tempat memiliki jumlah virus lebih tinggi dibandingkan area lain. Kamu wajib meningkatkan daya tahan tubuh jika ingin mengunjunginya.

Baca Selengkapnya
4 Trik Berburu Tiket Pesawat Termurah untuk Pulang Kampung

4 Trik Berburu Tiket Pesawat Termurah untuk Pulang Kampung

Beli tiket lebih mudah untuk perjalanan selama Ramadan dan Lebaran dengan melakukan 4 tips sederhana.

Baca Selengkapnya
Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual

Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual

Lakukan beberapa hal sederhana saat traveling atau berada di dalam mobil maupun pesawat untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Mau Pengalaman Solo Traveling Anti Ribet? Coba Siapin 5 Barang Ini Sebelum Pergi!

Mau Pengalaman Solo Traveling Anti Ribet? Coba Siapin 5 Barang Ini Sebelum Pergi!

Solo traveling anti ribet dengan berbagai persiapan tepat.

Baca Selengkapnya
9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

Buatlah momen liburan bersama ibu tercinta menjadi spesial dengan memilih destinasi yang pas untuk keduanya.

Baca Selengkapnya
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya