Tokoh-tokoh Nasional yang Diam-diam Gemar Mendaki Gunung

Siapa sangka, salah satunya adalah presiden kita, Joko Widodo.

Puri Yuanita
| 11 Oktober 2017 17:11

Dream - Berita seputar ekspedisi '7 Summits in 100 Days' tengah menyedot perhatian kalangan pecinta alam. Ekspedisi ini membawa misi menaklukkan 7 gunung tertinggi di Indonesia dalam rangka mempromosikan pariwisata dan pelestarian alam Indonesia.

Ekspedisi ini dijalankan oleh 3 pecinta alam Indonesia. Dan menariknya, salah satu dari mereka adalah mantan Menteri Pertanian Anton Apriyantono.

Mungkin tak banyak yang tahu jika menteri yang pernah menjabat di era kabinet Indonesia Bersatu ini hobi mendaki gunung. Padahal, Anton bisa dikatakan sudah malang melintang di dunia pendakian dan pecinta alam.

Sebelum terlibat dalam ekspedisi 7 Summits in 100 Days, Anton bahkan pernah juga ikut dalam ekspedisi pendakian puncak-puncak Eropa bersama tim Pramuka beberapa waktu lalu. Selain itu, tentunya sudah banyak puncak-puncak gunung lainnya yang berhasil ia taklukkan.

Nah, selain Anton Apriyantono, ternyata ada juga lho beberapa tokoh nasional lainnya yang diam-diam hobi mendaki. Siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya.

1. Joko Widodo

Sahabat Dream Travel sudah tahu belum kalau presiden kita ini ternyata juga seorang pcinta alam? Ya, ternyata Jokowi saat mahasiswa dulu pernah bergabung dengan klub Mapala di kampusnya. Yakni, Mapala Silvagama UGM.

Dan ternyata, Presiden Jokowi sudah pernah mendaki beberapa gunung di Indonesia lho. Gunung terjauh yang pernah didaki adalah Gunung Kerinci di Jambi.

2. Khofifah Indar Parawansa

Mungkin inilah menteri perempuan Indonesia satu-satunya yang suka naik gunung. Sama seperti Pak Jokowi, dulunya Khofifah adalah mahasiswa pecinta alam yang tergabung dalam Impala (Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam) Universitas Airlangga.

Khofifah sudah mendaki hampir semua gunung di Jawa Timur, antara lain Gunung Arjuna, Welirang dan Semeru.

3. Ganjar Pranowo

Beberapa waktu lalu beredar foto sekumpulan pendaki yang sedang istirahat di Gunung Sindoro. Menariknya, di antara kumpulan pendaki ada seorang pemuda yang berwajah mirip Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dan ternyata benar, pemuda tersebut adalah Ganjar. Foto tersebut diambil tahun 1988. Sama seperti Jokowi dan Khofifah, Ganjar sudah suka mendaki sejak mahasiswa.

4. Adhyaksa Dault

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga di era Kabinet Indonesia Bersatu ini diam-diam juga hobi mendaki gunung. Adhyaksa Dault bahkan pernah bergabung dalam tim ekspedisi Mont Blanc untuk mengibarkan Merah Putih di puncak tertinggi Eropa.

(Berbagai sumber)

Selanjutnya :

Pendaki yang Hilang di Gunung Rinjani Ditemukan, Kondisinya...

Topik Terkait :

Mencicipi Teduhnya Kehidupan Bawah Laut di S.E.A. Aquarium

Jangan Lewatkan