Tour de Jakarta Siap Meriahkan Ibukota Akhir Pekan Ini

Tour de Jakarta (TdJ) akan melibatkan 19 tim dari dalam dan luar negeri.

Ratih Wulan
| 26 Juli 2016 15:06

Dream - Setelah beberapa kota di Indonesia sukses menggelar wisata olahraga, kini giliran Jakarta mengadakan lomba balap sepeda jalan raya internasional. Acara yang dikemas dalam Tour de Jakarta (TdJ) ini melibatkan 19 tim dari dalam dan luar negeri.

Rencananya, para peserta akan melintas di sepanjang Jalan MH. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman pada Sabtu, 30 Juli 2016. Kementerian Pariwisata menyatakan, acara ini menjadi semacam pemanasan sebelum berlangsungnya acara serupa di Sumatera Barat, Tour de Singkarak (TdS).

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar, Raseno Arya mengungkapkan, TdJ menggabungkan seni dan olahraga. Acara secara resmi akan dibuka di depan Gedung Bank Indonesia tepat pukul 6.30 WIB dan diperkirakan akan berakhir pada pukul 11.00 WIB.

" Finis di depan kantor Kemenpar untuk menyaksikan segala macam budaya Betawi," ungkap Raseno pada jumpa pers di Demang Cafe, Thamrin Jakarta Pusat pada Selasa, 26 Juli 2016.

Lebih jauh Raseno menjelaskan TdJ merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa Jakarta aman pasca-bom di Jalan MH Thamrin pada Januari silam. Hingga sejauh ini tedapat 13 regu dari Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kalimantan Timur. Sedangkan sisanya berasal dari Taiwan, Filipina, Laos, Malaysia, dan Singapura.

" Ini menjadi interest kita untuk menggelar TdJ," imbuhnya.

Selain ajang untuk mempromosikan pariwisata, Ketua Pelaksana TdJ Perry H Jasohadiserjo menekankan bahwa even ini juga diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat terhadap olahraga bersepeda. Setiap regu terdiri dari 10 orang yang terdiri dari tujuh pembalap dan tiga official.

Para pembalap akan menempuh 13 putaran dengan jarak sekitar 165,5 km. Kecepatan rata-rata ditentukan sekitar 60 km/jam. Dan pada TdJ ini akan dilombakan tiga kategori yaitu perorangan, beregu dan intermediate sprint.

" Ini menjadi ajang dalam pembinaan atlet balap sepeda nasional untuk melahirkan atlet-atlet balap sepeda," pungkas Perry.

Topik Terkait :

DREAMTESTPACK: Jadwal Haid Tidak Teratur, Apakah Itu Baik Untuk Kesehatan?

Jangan Lewatkan