Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Traveler Malaysia Meningkat, Danau Toba Genjot Sertifikasi Halal

Traveler Malaysia Meningkat, Danau Toba Genjot Sertifikasi Halal Shutterstock

Dream - Dalam beberapa waktu belakangan, Danau Toba kebanjiran pengunjung dari Malaysia. Hal itu ditandai dengan semakin meningkatnya tingkat keterisian pesawat pada maskapai Malindo Air dan AirAsia oleh traveler Negeri Jiran.

"Saya mendapatkan laporan dari pihak maskapai di Silangit bahwa setiap hari Jumat wisatawan Malaysia datang dengan jumlah di atas ratusan," kata Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional I Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Lokot Ahmad Enda, dikutip dari Merdeka.

Padahal, kata Lokot, jumlah traveler dari Malaysia rata-rata hanya sekitar 90 orang pada hari biasa. "Itu artinya pasar ini bertumbuh bagus," kata dia.

Wisata Halal Danau Toba

Melihat potensi ini, Lokot mengimbau para pelaku pariwisata di Danau Toba, terutama kuliner dan restoran, untuk siap memberikan sambutan hangat. Salah satu hal prioritas yang perlu digenjot yaitu terbitnya sertifikasi halal.

"Karena pertanyaan orang Malaysia yang mayoritas Muslim, menanyakan hal tersebut. Restoran ini halal tidak? Mana tulisan halalnya?" ucap Lokot.

Menurut dia, sertifikasi halal sebuah restoran tidak hanya menjamin kehalalan dan kebersihan makanan yang disajikan. Lebih dari itu, menjadi legitimasi agar wisatawan bisa menikmati hidangan di suatu restoran.

"Makanan halal itu bukan hanya soal agama, tapi juga sudah menjadi gaya hidup di dunia ini. Jadi, sudah saatnya para pengusaha restoran di Danau Toba memikirkan hal ini," tutur Lokot.

Wisata Halal Danau Toba

Selanjutnya, Lokot mengatakan Wisata Halal di Danau Toba semakin potensial untuk digarap mengingat banyaknya wisatawan Muslim Malaysia. Selain itu, Wisata Halal juga menjadi kunci penguatan ekonomi.

"Di sisi lain, Wisata Halal juga menghadapi berbagai tantangan. Terutama dari sisi budaya, demografi, tujuan maupun alokasi biaya yang dikeluarkan untuk berwisata," kata dia.

Wisata Halal Danau Toba

Keberadaan sertifikasi halal di bidang wisata tidak bisa berdiri sendiri. Hal ini merupakan bagian dari keseluruhan industri halal, mencakup sektor finansial dan pembiayaan.

"Destinasi Danau Toba secara pararel harus mempersiapkan ini. Karena indahnya Danau Toba tidak dimiliki negara-negara Timur Tengah yang mayoritas Muslim. Kita bisa memulainya dari wisatawan Malaysia ini," tutur Lokok.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Negara yang Menggratiskan Tarif Tol Saat Mudik Lebaran
3 Negara yang Menggratiskan Tarif Tol Saat Mudik Lebaran

Tiga negara ini gratiskan tol untuk menyambut mudik Lebaran

Baca Selengkapnya
Trik Mudah Mencari Makanan Halal Saat Traveling ke Jepang
Trik Mudah Mencari Makanan Halal Saat Traveling ke Jepang

Mencari makanan halal di Jepang tentu tidak semudah di Indonesia. Cari tahu cara menemukan restoran halal di Jepang menurut warga lokal.

Baca Selengkapnya
Begini Cara Danamon Syariah Percepat Nasabah Tunaikan Haji dan Umroh
Begini Cara Danamon Syariah Percepat Nasabah Tunaikan Haji dan Umroh

Kebutuhan untuk menjalankan ibadah haji dan umrah di Indonesia mencapai sekitar 700 ribu pendaftar setiap tahun.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.