Traveler Sudah Divaksinasi Dapat Berpergian ke AS

Tetapi, traveler masih diharuskan memakai masker.

Ahmad Baiquni
| 11 April 2021 13:10

Dream - Semenjak adanya vaksinasi Covid-19, beberapa negara mulai melonggarkan sektor pariwisata. Ini agar perekonomian dapat bergerak perlahan.

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) baru-baru mengumumkan orang yang telah divaksinasi diperbolehkan melakukan perjalanan domestik di Amerika Serikat (AS). Hal ini dikarenakan orang yang divaksinasi penuh akan memiliki resiko penularan yang kecil serta dapat menahan penyebaran virus.

Oleh karena itu, kebijakan ini diyakini dapat dilakukan untuk memberikan izin perjalanan di dalam negeri. Bahkan wisatawan yang divaksinasi tidak perlu menjalani tes Covid-19 sebelum meninggalkan AS, kecuali jika diwajibkan oleh tujuan mereka.

Sementara perjalanan domestik kembali diperhitungkan, CDC menyarankan siapa pun yang tertarik dengan perjalanan internasional untuk memperhatikan situasi kesehatan masyarakat di tujuan pilihan mereka sebelum bepergian. Hal ini karena penyebaran varian baru dan beban Covid-19 secara global cukup bervariasi.

Saat ini beberapa negara mulai membuka perbatasan mereka untuk wisatawan yang telah divaksinasi. Tetapi peraturan seputar perjalanan masih dapat berubah dengan cepat di banyak tujuan.

Meskipun hal ini memudahkan masyarakat yang telah divaksinasi untuk berpergian, keadaan saat ini tidak akan sepenuhnya kembali normal. Bahkan mereka yang sudah mendapat vaksinasi tetap diwajibkan memakai masker di semua jenis angkutan umum.

Selain itu bagi penumpang pesawat udara yang telah divaksinasi penuh yang menuju ke AS (termasuk warga AS) masih harus memiliki hasil tes negatif atau dokumentasi yang menunjukkan bahwa mereka telah pulih dari Covid-19 sebelum naik penerbangan ke AS. Wisatawan didorong untuk tetap menjalani tes tiga hingga lima hari setelah bepergian, terlepas dari status vaksinasi mereka, dikutip dari Lonely Planet.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Topik Terkait :

Kamu Bisa lakuin 4 Hijab Hacks Ini

Jangan Lewatkan