Tambang Ombilin Sawahlunto Sah Jadi Warisan Dunia UNESCO

Penetapan ini diambil dalam sidang PBB ke-43 di Azerbaijan akhir pekan lalu.

Siwi Nur Wakhidah
| 8 Juli 2019 14:25

Dream - Koleksi situs sejarah Indonesia yang menjadi warisan dunia kini bertambah. Pada sidang ke-43 PBB di Gedung Pusat Konges Baku, Azerbaijan, yang berlangsung Sabtu, 6 Juli 2019, UNESCO menetapkan Tambang Ombilin di Sawahlunto, Sumatera Barat, menjadi salah satu Warisan Sejarah Dunia.

Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie, mengaku sangat bahagia dan bangga pada Indonesia atas prestasi ini. Dia juga mengatakan Sumatra Barat patut berbangga atas penghargaan ini.

“ Ini sebuah kado yang luar biasa untuk rakyat Indonesia di tahun 2019 ini,” imbuh Husnan dalam siaran pers Kedutaan Besar Indonesia untuk Azerbaijan.

Penetapan Tambang Ombilin sebagai situs Warisan Sejarah Dunia ini dihadiri Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, Walikota Sawahlunto, Deri Asta, perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Warisan, Najmuddin, serta perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup.

Tambang Ombilin menambah daftar aset sejarah dan budaya bangsa yang diakui dunia. Sebelumnya, situs sejarah Indonesia yang juga ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan, Situs Sangiran, dan Subak Bali.

Selanjutnya :

Peluang Pariwisata Indonesia

Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 2 - Ngebet Viral

Jangan Lewatkan