Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Uni Eropa Buka Gerbang Untuk Turis Asing Sudah Divaksin

Uni Eropa Buka Gerbang Untuk Turis Asing Sudah Divaksin Venesia, Italia (Shutterstock.com)

Dream - Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) pada Rabu, 19 Mei 2021 sepakat untuk membuka kembali perbatasan kawasan bagi para turis. Syaratnya, para turis harus sudah divaksinasi Covid-19 secara penuh.

Para diplomat bertemu di Brussel, Belgia untuk membahas hal tersebut. Mereka juga bersepakat menaikkan langkah antisipasi terhadap jumlah kasus baru yang kemungkinan dihadapi suatu negara sebelum dinyatakan tidak aman.

Rekomendasi tersebut akan diadopsi oleh seluruh angggota Uni Eropa pada Jumat, 21 Mei 2021. Seorang juru bicara Komisi Uni Eropa mengonfirmasi bahwa para diplomat mendukung aturan perjalanan tersebut.

Sejak Maret 2020, perjalanan non-esensial ke 27 negara anggota Uni Eropa telah dilarang. Namun, kondisi bisnis di benua itu mengkhawatirkan dan akhirnya peraturan lockdown ditarik kembali.

Para diplomat mengatakan di bawah aturan baru, turis yang dapat membuktikan telah menerima dosis penuh dari vaksin yang disetujui UE dapat memasuki kawasan UE. Selain itu, Uni Eropa mempertimbangkan negara yang mengalami jumlah kasus 75/100 ribu orang selama dua minggu berturut-turut berhak masuk dalam daftar hijau, dari sebelumnya 25 kasus per 100 ribu orang.

 

Tidak Untuk Turis Belum Divaksin

Aturan tersebut masih akan mengecualikan turis yang tidak divaksinasi dari sebagian besar negara di dunia, kecuali Inggris. Negara itu sangat maju dalam kampanye vaksinasi.

Saat ini, negara yang terdata dalam daftar hijau Covid-19 baru tujuh negara, yakni Australia, Israel, Selandia Baru, Rwanda, Singapura, Korea Selatan, Thailand, ditambah China jika Beijing setuju untuk bersikap resiprokal.

Ilustrasi

Negara-negara anggota juga setuju untuk membentuk mekanisme darurat terkoordinasi guna menangguhkan kedatangan dari negara non-Uni Eropa yang dilanda kemunculan varian baru secara tiba-tiba.

Warga Paris dapat kembali ke kafe hingga museum pada Rabu, 19 Mei 2021 setelah enam bulan tertunda karean pandemi Covid-19. Dalam beberapa hari terakhir, warga Inggris memeluk orang yang mereka cintai dan mengunjungi pub, gym, dan tempat dalam ruangan lainnya.

Italia telah melonggarkan jam malam. Penggemar musik di Belanda telah bersiap untuk Eurovision Song Contest dan Portugal siap menyambut turis yang kembali.

Di Paris, teras dan taman atap yang menjadi ciri kota bagi banyak pengunjung telah dipesan sebagai tempat makan di luar ruangan kembali ke seluruh negeri, dengan beberapa batasan yang masih berlaku. Museum, bioskop, dan teater City of Light juga dibuka kembali menjelang pembukaan ekonomi skala penuh pada 30 Juni 2021.

Sumber: liputan6.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara

Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh beberapa pihak, termasuk Otoritas Bandara, Jasa Marga, Jasa Raharja, dan Angkasa Pura Indonesia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.