Unik, Tradisi Pesumo Jepang Bikin Bocah Menangis

'Crying Sumo' menyimpan harapan bahwa anak-anak itu kelak diberi kesehatan dan keberuntungan yang baik.

Dwifantya
| 30 April 2018 13:54

Dream - Video bocah-bocah menangis di gendongan pegulat sumo bertubuh besar menggegerkan dunia. Sementara seorang wasit yang mengenakan topeng menakutkan berteriak: " Menangis, menangis, menangis!"

Namun, bagi orang Jepang pemandangan tersebut sudah tak aneh lagi, karena merupakan tradisi dari leluhur berusia 400 tahun yang diyakini dapat menangkal roh jahat, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Senin 30 April 2018.

Di balik 'Crying Sumo' atau festival Nakizumo menyimpan harapan bahwa anak-anak itu kelak diberi kesehatan dan keberuntungan yang baik.

Pegulat-pegulat di kuil Sensoji, Tokyo, tampak menggendong bocah kecil di lengannya. Ia mengenakan pakaian tradisional lengkap dengan celana raksasa ala pesumo.

Mereka kemudian naik ke atas panggung dan berusaha mati-matian untuk menakuti anak-anak kecil itu sehingga mereka menangis. Sebagian anak berteriak dan menangis dengan cepat, sementara yang lain tampak lebih lama.

Meskipun tidak ada kekerasan yang digunakan, seorang wasit yang mengenakan topeng iblis, mengancam akan menggertak jika sang anak tak kunjung menangis. Yang lucu, terkadang anak-anak menggemaskan itu tidak menangis, mereka malah kebingungan.

Orang tua dan kerumunan penonton dapat terlihat bersorak gembira dan bertepuk tangan dari kejauhan sementara anak-anak kecil itu semakin tertekan.

Dalam beberapa budaya, bayi pertama yang menangis dianggap sebagai pemenang, sementara pada yang lain, pemenangnya adalah bayi terakhir yang menangis. Sementara suara tangisan anak bisa sangat traumatis, orang percaya semakin keras teriakan, semakin mereka terlindungi.

Orangtua yang ingin anaknya ikut serta dalam tradisi tersebut diwajibkan membayar hingga £ 70 atau sekitar Rp1,2 juta. Festival tahunan telah diadakan di berbagai kuil selama empat abad terakhir.

Atraksi ini diakhiri dengan bayi-bayi berpose untuk foto sambil berdiri bersama orang tua mereka di atas podium.

Topik Terkait :

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan