Wara-wiri di Jalan, Bus Wonderful Indonesia Hebohkan Berlin

Bus-bus itu menjadi pusat perhatian publik di Berlin, Jerman.

Puri Yuanita
| 12 Maret 2017 09:12

Dream - Bus-bus pariwisata yang berkeliling Messe Berlin dan ibukota federal Jerman sejak 1994 itu mengundang perhatian. Ada yang " dibungkus" dengan gambar Danau Toba Sumatera Utara, Stupa Budha dan Candi Borobudur. Ada juga perempuan memanggul timbunan buah-buahan di atas kepala, berjajar, berjalan di pematang, beriringan, dengan background sawah hijau di Ubud, Bali.

Bus-bus itulah yang menjadi pusat perhatian publik di Berlin, Jerman. Karena di-branding Wonderful Indonesia, di saat semua wholesellers, buyers dan sellers pariwisata dunia berkumpul dalam ITB (Internationale Tourismus Borse) 2017, sejak 8-12 Maret 2017. Mereka sedang mengikuti pameran terbesar dunia yang menggunakan tagline " The World's Largest Tourism Trade Fair" itu.

 bus wonderful indonesia

Bus-bus Wonderful Indonesia tersebut rupanya bagian dari skenario marketing ala Menpar Arief Yahya. " Pertama, mumpung semua pelaku bisnis pariwisata dari 187 negara, dari 5 benua, 10.000 exhibitors, 1.000 buyers top dunia, 26.000 pengunjung konvensi, 120.000 trade visitors kumpul di Berlin, di travel expo terbesar di dunia itu. Timing yang pas untuk menaikkan selling sekaligus branding Wonderful Indonesia di komunitas pariwisata dunia. Kita menemukan momentum istimewa, maka kita curi peluang," kata Menpar Arief Yahya dikutip dari keterangan pers tertulis, Sabtu 11 Maret 2017.

Sebelumnya, berbagai langkah promosi branding Wonderful Indonesia sudah begitu gencar dilakukan Kementerian Pariwisata. Di Prancis misalnya. Ketika Negeri Menara Eiffel itu sedang menjadi tuan rumah Piala Eropa 2016, Menpar Arief Yahya pun membranding bus pariwisata yang keliling Paris.

 bus wonderful indonesia

Lalu ketika WTM London, travel mart terbesar kedua di dunia, dilangsungkan di ibukota Inggris, 400 black cab taxi dan double decker bus yang ikonik di kota itu juga " dibungkus" Wonderful Indonesia. Terakhir, ketika Raja Salman bin Abdul Aziz bin Saud berkunjung ke Indonesia dilanjut dengan wisata ke Bali 1-9 Maret, dan diperpanjang hingga 12 Maret 2017.

" Seminggu sebelum kedatangan Raja Salman, kami sudah menjemput momentum itu di media-media internasional dan Arab. Aljazeera TV dan CNN International kita placement untuk mengiklankan Raja Salman, Destinasi Bali dan Jakarta Bogor, dan semua keindahan alam-budaya yang memikat market Arab Saudi dan Timur Tengah. Bahkan 50% budget ke Aljazeera kita gelontorkan ke momentum yang baru 47 tahun terulang itu. Sangat istimewa," tutur Menpar.

 bus wonderful indonesia

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan