Warga Gaza Temukan Makam Kuno di Kebun Rumah, Ternyata Itu...

Ternyata makam kuno itu peninggalan dari zaman.....

Puri Yuanita
| 30 Januari 2018 08:15

Dream - Ketika Abdul Karim al-Kafarnah pergi untuk memeriksa air hujan yang mengalir di sebuah lubang di kebunnya, yang ternyata lokasi tersembunyi yang mengarah ke sebuah kompleks kuburan kuno.

Pria 24 tahun itu tinggal di Distrik Beit Hanoun di Jalur Gaza, perbatasan Israel, yang mengalami pemboman intensif selama konflik 2014 antara tentara Israel dan militan Palestina.

Rumah keluarganya hancur dan plot sekitarnya bergejolak berat, meninggalkan kawah yang luas di tanah. Banjir yang melanda awal pekan ini membawanya ke satu tempat tertentu, dimana terdapat sebuah batu besar. Dia menemukan sebuah tangga yang mengarah 4 meter (13 kaki) ke sebuah makam kuno.

 AP

(Foto: AP)

" Saya menemukan tempat airnya jatuh," katanya kepada AFP. " Saya mengangkat batu dan bau tak sedap keluar."

Saat ia turun, ia menemukan total sembilan kuburan, dengan tumpukan tulang di dalamnya - yang tampaknya mengandung lebih dari satu tubuh. Dia juga menemukan gerabah dan tembikar lainnya.

Arkeolog yang bermarkas di Gaza, Ayman Hassouna mengatakan bahwa temuan tersebut mengisyaratkan kuburan tersebut peninggalan era Romawi, 2.000 tahun yang lalu. " Metode pemakaman dan penggalian di makam ini kembali ke periode Romawi, namun mungkin terus menggunakan periode Bizantium awal (abad 5 sampai 7 Masehi)," katanya.

 AP

(Foto: AP)

Profesor Jodi Magness, seorang arkeolog di University of North Carolina, mengatakan bahwa makam itu relatif umum di Tanah Suci antara tahun 100 SM dan 100 M, dan antara 300 dan 500 M.

" Biasanya, ini adalah makam keluarga atau kadang kompleks makam yang lebih besar," katanya kepada AFP.

(Sumber: english.alarabiya.net)

Topik Terkait :

Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting

Jangan Lewatkan