Waspadai Varian Baru Covid-19, Kemenparekraf Perbarui Daftar Negara

Beberapa negara untuk sementara waktu dilarang masuk Indonesia.

Ahmad Baiquni
| 29 November 2021 18:15

Dream - Varian baru Covid-19 dinamai Omicron kini tengah menjadi perhatian dunia. Varian yang terdeteksi pertama kali di Afrika Selatan dan bukan mutasi dari Delta ini menimbulkan kekhawatiran di banyak negara.

Meski belum ada bukti pasti, Omicron disebut memiliki tingkat penyebaran sangat cepat. Sejumlah negara sampai memberlakukan penutupan pintu masuk bagi pendatang dari beberapa negara.

Mewaspadai potensi masuknya kasus Omicron di Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan pihaknya merevisi daftar negara yang dibolehkan masuk Indonesia untuk wisata. Selain untuk mencegah Omicron, juga demi menjaga kondisi pandemi yang saat ini relatif terkendali.

" Konsen dari Pemerintah memastikan bahwa pengendalian Covid adalah rendah dan terkendali. Untuk menghindari kasus lonjakan baru, maka Pemerintah melakukan beberapa kebijakan, salah-satunya adalah pembaruan daftar negara," ujar Sandiaga.

Pemerintah juga akan memberlakukan evaluasi pembukaan tempat wisata bagi pelancong mancanegara secara berkala. Evaluasi akan digelar dengan koordinasi melibatkan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Luar Negeri.

 

Selanjutnya :

Perketat Penerapan Prokes

PTM di Tengah Kasus Omicron yang Beranjak Naik, Bagaimana Orang Tua Menyikapinya?

Jangan Lewatkan