Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Wisata Phinisi Didorong Jadi Trademark Desa Ara Bulukumba

Wisata Phinisi Didorong Jadi Trademark Desa Ara Bulukumba Menparekraf Sandiaga Uno Saat Kunjungan Kerja Desa Wisata Ara Bulukumba (Kemenparekraf)

Dream - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mendorong Desa Ara di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, mulai mengembangkan Wisata Phinisi. Sehingga, phinisi dapat menjadi trademark baru bagi pariwisata di sana.

"Sampai saat ini Desa Wisata Ara belum memiliki (wisata phinisi). Jadi itu nanti adalah bentuk kolaborasi yang akan kita pimpin dan akan saya tunjuk agar bisa segera terwujudkan," ujar Sandi.

Desa Wisata Ara berjarak 182 kilometer dari Kota Makassar dikenal sebagai salah satu desa sentra pembuatan kapal phinisi. Ketenaran desa ini bahkan sudah mendunia.

Kapal phinisi asal Bulukumba sendiri juga sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2017.

Selain mendorong kehadiran wisata phinisi, Sandiaga berharap masyarakat Desa Ara, terutama para perajin kapal phinisi untuk menetap di kampung halaman. Harapan ini muncul mengingat banyak masyarakat Desa Ara harus merantau akibat keterbatasan bahan baku untuk membuat kapal phinisi.

 

Terbitkan Sertifikasi

Untuk memfasilitas masyarakat setempat, pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Poltekpar Makassar guna penerbitan sertifikasi. Diharapkan hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan para perajin dan mempermudah akses memperoleh bahan baku.

"(Sertifikasi) ini digandeng dengan Direktorat SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Agar kompetensi para perajin ini bisa langsung kita hadirkan," kata Sandi.

Pengrajin miniatur kapal phinisi

Tak hanya itu, Sandi juga akan mendorong pihak terkait untuk membangun bandara di Bulukumba. Upaya tersebut untuk mempermudah aksesibilitas wisatawan berkunjung ke Bulukumba dan destinasi-destinasi wisata di sekitarnya.

"Bandara menurut saya adalah bagian dari interkonektivitas dan ini bandaranya bandara pariwisata yang terkoneksi ke daerah wisata lain," kata Sandi, dikutip dari Kemenparekraf.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cuma di Indonesia Lokasi Banjir Jadi Tempat Wisata, Banyak Pengunjung hingga Pedagang Kaki Lima

Cuma di Indonesia Lokasi Banjir Jadi Tempat Wisata, Banyak Pengunjung hingga Pedagang Kaki Lima

Banjir di Riau bagai tempat wisata, banyak pengunjung yang datang bermain air.

Baca Selengkapnya
Dilarang Ngeres! Inilah Daftar 6 Nama Desa Unik di Kabupaten Pamekasan, No 3 dan Terakhir Bikin Pikiran Traveling ke Mana-mana

Dilarang Ngeres! Inilah Daftar 6 Nama Desa Unik di Kabupaten Pamekasan, No 3 dan Terakhir Bikin Pikiran Traveling ke Mana-mana

Kabupaten dengan bahasa sehari-hari Bahasa Madura ini ternyata memiliki banyak nama desa yang terdengar unik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Karyawan Tak Mau Tersaingi Anak Baru

NOTED KAK! Ketika Karyawan Tak Mau Tersaingi Anak Baru

Sahabat dream, bersaing secara sehat di dunia pekerjaan adalah hal lumrah. Namun kalau senior gak mau kalah sama junior?

Baca Selengkapnya