Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Wonderful Indonesia Sukses Menghentak Chingay Parade Singapura

Wonderful Indonesia Sukses Menghentak Chingay Parade Singapura Wonderful Indonesia Sukses Menghentak Chingay Parade Singapura (Foto: Facebook Kemenpar)

Dream - Wonderful Indonesia dipromosikan dalam ajang Chingay Parade Singapura pada 10-12 Februari 2017 kemarin di F1 Pit Building, Singapura. Promosi ini diharapkan mampu mendongkrak citra pariwisata sekaligus menjadi daya tarik wisatawan dari negara itu ke Indonesia.

Chingay Parade 2017 merupakan salah satu event festival besar di Singapura berupa pawai terbesar di Asia yang mewakili keragaman budaya yang ada di Singapura.

Chingay yang bermakna sama dengan kata Mandarin zhuang yi, yang berarti 'seni kostum dan topeng' dalam dialek Hokkien, pertama kali diselenggarakan pada 4 Februari 1973 dan terus dipertahankan hingga kini.

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, kegiatan promosi lewat ajang Chingay ini sangat perlu. Lantaran Singapura punya posisi penting bagi Indonesia. Arief bahkan bertekad untuk mejadikan Singapura sebagai hub, dimana Singapura merupakan gerbang menuju "The World Next Door" Indonesia.

Hal ini dengan melihat posisi strategis Singapura yang menghubungkan Barat-Timur, Utara-Selatan, dan Tenggara-Barat Laut.

"Keunggulan kompetitif dan komparatif yang dimiliki Indonesia untuk menarik pasar Singapura antara lain jaraknya yang dekat, waktu terbang yang tidak lama, banyaknya akses pintu (termasuk via pelabuhan di Batam-Bintan) serta keanekaragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia. Oleh karena itu, promosi di negara fokus pasar tersebut harus senantiasa proaktif dan berkesinambungan," kata Arief dikutip dari keterangan pers tertulis, Senin 13 Februari 2017.

Pada 2017 target kunjungan wisman Singapura ke Indonesia sebesar 2,275 juta wisman dan Singapura menempati urutan pertama perolehan wisman dalam 16 fokus pasar utama Indonesia.

Menurut Arief, hal ini disebabkan antara lain karena Indonesia merupakan negara terdekat di Singapura yang mempunyai daya tarik alam dan budaya yang khas dan disukai oleh masyarakat Singapura.

"Wisman Singapura ke Indonesia terus meningkat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir (2013–2015). Selain itu pada 2015, Indonesia merupakan negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisman Malaysia, yaitu sebanyak 1.571.982 sedangkan Malaysia, Thailand, dan Vietnam masih di bawah peringkat Indonesia," terang Menpar.

Oleh karena itu, Menteri Arief menegaskan perlunya memperbanyak upaya promosi Wonderful Indonesia di Singapura untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan dari negara itu sekaligus meningkatkan citra pariwisata Indonesia di Singapura.

Untuk diketahui, tahun lalu, Chingay Parade menjadi pawai internasional yang penuh gegap gempita karena diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai negara. Tercatat pada Chingay Parade 2016, jumlah peserta mencapai 8.000 orang terdiri dari kontingen Tiongkok, Jepang, Rusia, Malaysia, Korea, Amerika Serikat, Singapura, dan Indonesia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Berlangsung sejak November 2023, acara ini sukses bangkitkan semangat para Ibu untuk berdaya.

Baca Selengkapnya
5 Lokasi Acara Tahun Baru Gratis di Jakarta dan Bekasi

5 Lokasi Acara Tahun Baru Gratis di Jakarta dan Bekasi

Kamu bisa menikmati kembang api gratis di lima lokasi berikut ini

Baca Selengkapnya
Kemnaker: Talenta Muda Modal Wujudkan Indonesia Emas 2045

Kemnaker: Talenta Muda Modal Wujudkan Indonesia Emas 2045

Al Binaa Festival menjadi salah satu contoh bahwa pengembangan diri harus dilakukan sepanjang hayat, dimulai di bangku sekolah atau di usia muda.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.