Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

'Work From Bali' Siap Eksekusi di Kuartal III 2021

'Work From Bali' Siap Eksekusi di Kuartal III 2021 Pantai Bali (Shutterstock.com)

Dream - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mematangkan rencana pelaksanaan program 'Work From Bali'. Program ini diharapkan dapat memulihkan sektor pariwisata Bali.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan program ini siap dieksekusi pada Kuartal III 2021 atau mulai Juli. Penerapannya akan dilakukan secara bertahap dan diharapkan dapat meningkatkan tingkat keterisian hotel dari 10 persen pada April menjadi 30 persen.

"Rata-rata lama menginap tamu hanya 2,15 hari, ini menunjukkan Bali butuh Work From Bali dan butuh sentuhan-sentuhan Pemerintah untuk memberikan program yang berpihak kepada masyarakat," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing.

Sandiaga mengatakan lembaga negara yang menyatakan sudah siap menjalankan program Work From Bali, salah satunya adalah Bank Indonesia. Mulai Juli, secara bertahap BI melakukan kerja dari Bali, terutama pejabat di level dewan gubernur dan beberapa biro.

Lembaga lain yang juga menyatakan kesiapan bekerja dari Bali yaitu Otoritas Jasa Keuangan. Sandiaga meyakini program ini dapat mendongkrak perekonomian Bali yang sempat jatuh.

Pada Kuartal II 2021, kata Sandiaga, perekonomian Bali masih terkontraksi di level -9,8 persen. Sedangkan tingkat kunjungan wisatawan nusantara sudah meningkat dari 2.000-2.500 orang per hari menjadi 7.000-7.500 orang per hari usai kegiatan yang dilakukan Kemenparekraf.

 

Butuh Peran Swasta

"Tapi baik kementerian maupun lembaga itu persentasenya sedikit sekali dibanding dunia usaha dan profesional. Kami berharap Pemerintah hanya sebagai pemicu, ini diikuti pula oleh usaha-usaha besar," kata Sandiaga.

Selanjutnya, Sandiaga mengatakan sejumlah startup unicorn di Indonesia sangat berpotensi mendukung program Work From Bali. Dia pun rutin berkomunikasi dengan Gojek, Tokopedia, Grab, dan Traveloka, serta perusahaan-perusahaan yang tercatat di lantai bursa untuk digandeng aktif dalam program tersebut.

"Kita harapkan agar pengelola destinasi wisata lebih inovatif, lebih kreatif, dan lebih proaktif mengajak para nomad. Saat ini, 50 persen pekerja adalah generasi milenial dan generasi Z yang sudah terbiasa remote working," terang Sandiaga.

 

Dorong Penyelenggaraan MICE di Bali

Kemenparekraf juga mendorong agar segala aktivitas MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibition) skala besar digelar di Bali. Dia mencontohkan Arabian Travel Mart yang berlangsung hybrid sudah terselenggara di Pulau Dewata.

"Dengan panduan CHSE, event MICE kita bisa dorong diselenggarakan di Bali. Terlebih data Covid-19 terakhir menunjukkan bahwa penularan Covid di Bali berada di bawah 100. Terakhir angkanya 28 kasus baru," kata dia.

Sandiaga juga meminta dunia usaha ikut serta memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali. Bila program Work From Bali dan berderet MICE berhasil, Bali diyakini dapat pulih dan memberikan sumbangsih pada perekonomian nasional.

"Kita pastikan pemulihan di Bali menyentuh semua kabupaten kota dengan pernyiapan rencana paket-paket wisata yang berkeadilan, dan kita harapkan bahwa Bali segera bangkit dan pulih," ucap Sandiaga.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Deretan Program Jokowi yang Diprediksi Dilanjutkan Probowo-Gibran

Deretan Program Jokowi yang Diprediksi Dilanjutkan Probowo-Gibran

Program seperti hilirisasi hingga misi lumbung pangan, dinilai menjadi salah satunya.

Baca Selengkapnya
Program Prakerja 2024 Telah Dibuka! Cek Persyaratannya Berikut

Program Prakerja 2024 Telah Dibuka! Cek Persyaratannya Berikut

Pemerintah kembali membuka pendaftaran Program Prakerja 2024.

Baca Selengkapnya
Resmi, Jokowi Tetapkan 14 Februari 2024 sebagai Hari Libur Nasional

Resmi, Jokowi Tetapkan 14 Februari 2024 sebagai Hari Libur Nasional

Hari pemungutan suara pemilihan umum (2024 ditetapkan sebagai hari libur nasional

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jokowi Bolehkan Masyarakat Gadaikan Sertifikat Tanah, Tapi Ada Syaratnya

Jokowi Bolehkan Masyarakat Gadaikan Sertifikat Tanah, Tapi Ada Syaratnya

Jokowi membolehkan masyarakat gadai sertifikat untuk kegiatan produktif

Baca Selengkapnya
Jokowi Tegaskan Tak Akan Ikut Kampanye Pemilu 2024

Jokowi Tegaskan Tak Akan Ikut Kampanye Pemilu 2024

Jokowi kembali menegaskan presiden memang diperbolehkan kampanye dan diatur dalam undang-undang.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah

BUNGKUS! Tebak-tebakan Buah

Sahabat Dream, kira-kira kalian pada bisa jawab gak nih teka-teki buah ini? yuk komen dibawah.

Baca Selengkapnya